Benci Suara Orang Mengunyah, Kamu Mungkin Alami Misophonia Pemicu misophonia yang paling umum adalah suara hidung, mulut dan tenggorokan, salah satunya suara mengunyah. (freepik/freepik)

APAKAH suara orang mengunyah membuatmu marah dan kehilangan kendali diri? Ternyata banyak orang mengatakan bahwa suara tertentu membuat mereka sangat marah hingga ingin meledak, termasuk mengunyah, menyeruput, mengunyah permen karet, bernapas melalui mulut, dan terisak.

Kalau kamu mengalaminya, ada kemungkinan kamu menderita misophonia, sindrom yang ditandai dengan reaksi emosional negatif yang kuat terhadap suara atau isyarat visual tertentu dalam konteks tertentu.

Baca Juga:

Suara Kencang, Salah Satu Sebab Telinga Berdengung

kesehatan
Jika suaranya membuat kamu sangat marah hingga ingin menyakiti seseorang, itu bisa jadi misophonia. (freepik/wayhomestudio)

Penelitian tentang misophonia masih dalam tahap awal, dan perkiraan pasti tentang berapa banyak orang yang menderita misophonia sulit didapat. Namun, perlahan minat terhadap fenomena tersebut telah berkembang. "Siapa pun yang bekerja dengan misophonia dan, tentu saja, siapa pun yang mengalaminya, menghargai betapa pentingnya penelitian tentang kondisi ini," kata psikolog klinis Eric Storch di Baylor College of Medicine di Houston, AS.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pada orang dengan misophonia, suara tertentu dengan cepat memicu respons oleh sistem saraf otonom. Ini merupakan bagian tubuh yang bertanggung jawab atas respons fight or flight yang tidak disengaja, dan bahwa reaksi ini tidak terjadi pada orang tanpa kondisi tersebut. "Itu di luar kesadaranmu. Itulah mengapa sangat sulit untuk dikendalikan," jelas psikolog Jennifer Jo Brout yang merupakan direktur International Misophonia Research Network.

Penelitian mengidentifikasi berbagai daerah otak yang terlibat dalam misophonia, termasuk insula anterior, yang terlibat dalam pemrosesan rasa jijik, takut, dan cemas. Ada kemungkinan bahwa otak orang-orang dengan misophonia seperti "sistem alarm hipersensitif," menafsirkan suara berbahaya tertentu sebagai ancaman, jelas psikolog klinis Zach Rosenthal di Duke University dan direktur Center for Misophonia and Emotion Regulation.

Seorang pasien pernah menjelaskan perasaan itu kepadanya dengan gamblang, "Seolah-olah ada beruang grizzly yang tiba-tiba duduk di sebelahmu, dan tubuh secara otomatis meresponsnya," kata Rosenthal seperti diberitakan The New York Times (12/9).

Baca Juga:

Alasan Vaksin Meningitis Penting bagi Jemaah Haji dan Umroh

kesehatan
Ketika berada dalam situasi di mana kamu mungkin terpicu, lakukan latihan pernapasan. (freepik/nakaridore)

Apa itu misophonia

Jika kamu atau orang yang terdekatmu memiliki gejala misophonia, inilah yang perlu diketahui. Pahami apa itu misophonia dan mana yang bukan.

Suara mengunyah dan menyeruput dapat mengganggu siapa pun, jadi bagaimana kamu bisa tahu apakah reaksimu cukup kuat untuk menimbulkan misophonia? Storch mengatakan, yang penting adalah intensitas reaksi dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-harimu.

Jika suara seseorang mengunyah sedikit mengganggu, itu manusiawi. Jika suaranya membuat kamu sangat marah hingga ingin menyakiti seseorang, itu bisa jadi misophonia.

Orang dengan misophonia dapat dipicu oleh berbagai jenis suara dan pemandangan, bukan hanya yang dibuat oleh mulut. Ketukan jari dan pena serta gemetaran kaki adalah pemicu potensial, kata Storch. Namun, pemicu yang paling umum adalah suara hidung, mulut dan tenggorokan: mengunyah, menggerus, mengendus, mendengkur, bersin dan membersihkan tenggorokan.

Kondisi lain dapat salah kira dengan misophonia, kata Rosenthal. Beberapa orang yang mengira mereka menderita misophonia mungkin malah mengalami hyperacusis, gangguan pendengaran di mana semua suara terdengar sangat keras.

Kadang-kadang misophonia keliru dengan gangguan obsesif-kompulsif, gangguan kecemasan dan gangguan pemrosesan sensorik. Namun, itu semua adalah kondisi yang berbeda, meskipun orang dengan misophonia mungkin lebih mungkin menderita kondisi lain ini daripada yang lain.

Cara mengatasinya

Carilah informasi dan dan lihat apakah perbaikan sederhana akan membantu. Jika kamu merasa menderita misophonia, Rosenthal menyarankan untuk memeriksa situs web Misophonia Education dan Soquiet.org yang menyediakan sumber daya dan pendidikan tentang topik tersebut.

Mungkin sulit untuk meredam reaksi keras misophonia, tetapi para ahli mengatakan hal-hal tertentu dapat meredakan kemarahanmu. Brout mengatakan, kamu dapat menjauh dari pemicu, bahkan hanya selama 30 detik, dapat menenangkan dirimu.

Ketika berada dalam situasi di mana kamu mungkin terpicu, dia juga merekomendasikan latihan pernapasan yang melibatkan siklus berulang kali menghembuskan napas selama empat hitungan, menjaga paru-paru tetap kosong selama empat hitungan, menghirup lebih banyak empat hitungan, dan menahan udara di paru-paru selama empat hitungan.

Selain itu, Storch mengatakan bahwa latihan imajinasi terpandu dengan memejamkan mata dan membayangkan diri dalam suasana yang tenang dan damai, juga dapat membantu. Memutar musik atau white noise juga dapat meredam suara dan juga meredam reaksi kamu.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menemui terapis perilaku kognitif. Jika perbaikan sederhana tidak berhasil, Rosenthal dan Storch mengatakan bahwa bentuk terapi perilaku kognitif juga dapat membuat perbedaan, sebagian karena mereka fokus pada mengidentifikasi strategi koping. (aru)

Baca Juga:

Beragam Manfaat Bunga Telang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022, ASUS ROG Masih Nomor Satu
Fun
5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022, ASUS ROG Masih Nomor Satu

Laptop gaming selalu mengalami pengembangan dan pembaruan setiap tahun, berikut adalah laptop gaming terbaik 2022.

Pengutang Memang Jagonya Ngeles
Fun
Pengutang Memang Jagonya Ngeles

Ketika hidup menjadi pas-pasan, banyak orang yang kebingungan bagaimana caranya membayar cicilan

Tetap Aman Meski Terpisah dari Rombongan Saat Menonton Konser Musik
Fun
Tetap Aman Meski Terpisah dari Rombongan Saat Menonton Konser Musik

Perlu persiapan ekstra menghadapi keramaian dan kekisruhan yang sering terjadi di tempat konser musik.

Makanan Desa Indonesia Mendunia Versi Taste Atlas
Hiburan & Gaya Hidup
Makanan Desa Indonesia Mendunia Versi Taste Atlas

Sejumlah makanan Indonesia masuk dalam kuliner terbaik dunia versi Taste Atlas.

Diserbu Penggemar Taylor Swift, Web Ticketmaster Crash
ShowBiz
Diserbu Penggemar Taylor Swift, Web Ticketmaster Crash

Situs penjualan tiket mengatakan kepada penggemar pada Selasa pagi bahwa mereka mengalami "masalah intermiten".

Kekayaan Kosakata Bantu Anak Lebih Merdesa
Hiburan & Gaya Hidup
Kekayaan Kosakata Bantu Anak Lebih Merdesa

Lebih terlibat dengan guru dan teman sebaya.

Mix and Match Busana Rajut Tren 2022
Fashion
Mix and Match Busana Rajut Tren 2022

Busana rajutan tak berbatas waktu.

Studi Baru, Kasih Sayang dari Seekor Anjing dapat Mengobatimu
Hiburan & Gaya Hidup
Studi Baru, Kasih Sayang dari Seekor Anjing dapat Mengobatimu

Memberikan sedikit optimisme bagi pasien dan penyedia layanan kesehatan.

Art Moment Jakarta 2022 Resmi Digelar
Fun
Art Moment Jakarta 2022 Resmi Digelar

Art Moment Jakarta digelar selama tiga hari.

Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak
Hiburan & Gaya Hidup
Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak

Depresi pada anak dapat membatasi kemampuannya untuk beraktivitas secara normal.