Bencana Hidrometeorologi Basah Naik di Akhir Februari

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 28 Februari 2023
Bencana Hidrometeorologi Basah Naik di Akhir Februari
Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, minggu terakhir di bulan Februari 2023 atau periode pada 20-26 Februari 2023, kejadian bencana hidrometeorologi basah mengalami lonjakan.

Tercatat, di akhir Februari ada banjir 29 kali, longsor 13 kali, cuaca ekstrem 13 kali, ada kebakaran hutan dua kali.

Baca Juga:

BPBD Solo Usulkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

"Banjir paling banyak masyarakat terdampak," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Sementara kejadian cuaca ekstrem, menurut Abdul, paling banyak menimbulkan kerusakan pada rumah-rumah. Biasanya terjadi pada masa peralihan musim hujan ke kering atau musim kering ke hujan.

"Sifatnya angin kencang baik dengan ataupun tidak disertai oleh hujan, ini juga cukup merusak terutama bagian atas dari rumah atau bangunan," katanya.

Melihat distribusi spasialnya terutama pada pulau Jawa dalam dua hari terakhir ini, distribusi bencana hidrometeorologi basah mulai dari banjir, puting beliung, dan kemudian tanah longsor.

Abdul mengatakan, tren cuaca mulai bergeser menjadi angin puting beliung, atau cuaca ekstrem. Angin kencang sudah mulai dominan, meskipun hujan, karena banjir di beberapa tempat kemarin juga dipengaruhi oleh kondisi-kondisi regional.

"Khusus di DKI Jakarta, Sabtu-Minggu khususnya dari malam Minggu sampai malam Senin, ada hujan menerus dan ada genangan di beberapa tempat. Tapi informasi terakhir yang kita dapatkan dari BPBD DKI Jakarta sudah mulai surut, hanya Kota Bekasi yang belum surut karena ada luapan dari Sungai Citarum," ujar Abdul.

Situasi Kota Bekasi per 26 Februari 2023 itu masih belum surut, dan diharapkan bisa segera tertanggulangi. Sebab luapan dari Sungai Citarum ke Bekasi dan Karawang harus dijaga debitnya, yang dikhawatirkan akan menjadi masalah yang bisa memperlambat surutnya banjir.

Sementara laporan banjir dari Kabupaten Dompu, NTB, cukup banyak kepala keluarga (KK) yang terdampak. Laporan terakhir ada eskalasi kejadian.

Selain itu, kejadian bencana di Kalimantan cukup sedikit kejadiannya, hanya mulai ada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Utara dan di Sulawesi masing-masing satu kejadian. (Asp)

Baca Juga:

Jokowi Ingatkan Frekuensi Bencana di Indonesia Meningkat 81 Persen

#Banjir #Bencana Alam
Bagikan
Bagikan