Benarkah ‘Sparkling Water’ Mampu Menghidrasi Tubuh Layaknya Air Putih? Apakah benar sparkling water sama sehatnya dengan air putih? (Foto: biotrust.com )

SERINGKALI ditemukan di lemari pendingin swalayan atau mini market, mungkin kamu menyimpan beberapa di kulkas. Sparkling water atau air berkarbonasi belakangan menjadi populer bagi konsumen yang mencari alternatif lebih sehat dari minuman kola.

Tentu kita perlu untuk minum air untuk bertahan hidup, terkadang minuman yang memiliki rasa lain seringkali lebih memuaskan dibandingkan dengan air putih biasa.

Sebagaimana sparkling water kini semakin banyak diminati, apakah jenis minuman tersebut mampu menghidrasi tubuh kita layaknya meminum air putih? Jawabannya mungkin saja. Namun, kamu harus melihat lebih teliti label nutrisi pada produk sparkling water yang kamu pilih dan minum.

Ahli dari Beth Israel Deaconess Medical Center menjelaskan lebih jauh tentang fenomena tersebut.

1. Baca Label Nutrisi

Benarkah Sparkling Water Mampu Menghidrasi Tubuh Layaknya Air Putih?
Teliti dalam membaca label nutrisi (Foto: everydayhealth)

Jika minuman mengandung perasa, gula, atau asam sitrat tambahan, berarti itu tidak sama dengan minum air putih. Ada juga pertanyaan tentang sumber karbonasi, meskipun itu tampaknya tidak mempengaruhi hidrasi.

Minuman soda mendapatkan karbonasi ketika karbon dioksida disuntikkan ke dalam air. Di sisi lain, air putih atau air mineral keluar dari gelembung di sumber mata air.

2. Perbedaaan Minuman Soda dengan Sparkling Water?

Benarkah Sparkling Water Mampu Menghidrasi Tubuh Layaknya Air Putih?
Perbedaan sparkling water dan minuman bersoda lain (Foto: Durablehealth)

Keduanya termasuk minuman dengan karbonasi, perbedaannya terletak pada dari mana “datangnya” karbonasi tersebut. Jika gelembung pada air terjadi secara alami atau langsung dari sumbernya, itu dianggap sebagai sparkling water.

Namun, baik minuman soda dan sparkling water mampu menghidrasi tubuh layaknya air putih, asalkan tidak banyak zat tambahan yang terkandung di dalamnya.

3. Belum Banyak Penelitian

Benarkah Sparkling Water Mampu Menghidrasi Tubuh Layaknya Air Putih?
Belum banyak penelitian untuk subjek ini (Foto: Pixabay/Republica)

Para ahli dari LiveScience menyatakan belum banyak penelitian yang dilakukan untuk pokok bahasan di atas.

Mereka mengabaikan kekhawatiran bahwa air berkarbonasi akan memengaruhi kadar kalsium, sementara mengakui kemungkinan karbonasi tidak baik untuk gigi. Namun, kembali mereka menyimpulkan bahwa produk air berkarbonasi mampu menghidrasi tubuh layaknya air putih.

Karena sparkling water tawar tidak terlalu berbahaya, bahkan itu dikatakan sebagai pengganti H2O yang bisa kamu pilih ketika tidak dapat menemukan air putih untuk menghidrasi tubuh.

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk meminum sparkling water alih-alih minuman soda yang berwarna dan berasa. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH