Benarkah Skincare Probiotik Bagus untuk Kulit Wajah? Dapatkan kulit bersinar dari luar dan dalam. (Foto: Pexels/Pixabay))

PROBIOTIK identik dengan khasiatnya dalam melancarkan sistem pencernaan. Bakteri baik yang sangat bermanfaat ini biasanya diperoleh dari makanan, minuman atau suplemen probiotik.

Selama beberapa waktu terakhir, skincare probiotik mulai ramai diperbincangkan di dunia kecantikan. Jika dioleskan ke wajah, skincare ini dipercaya bisa memberikan beberapa manfaat bagi kulit, termasuk menenangkan kulit, melembapkan kulit dan membantu pemulihan jerawat.

Baca juga:

Yuk Cek 3 Produk Skincare Terbaik yang Sedang Hits di Media Sosial!

Segelintir brand kecantikan di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk memformulasikan skincare probiotik ini. Lantas, apakah probiotik benar-benar bagus untuk kulit? Menurut Hypebae, para dokter dan ahli kecantikan mengungkapkan fakta dibalik skincare probiotik.

Apa itu probiotik?

Skincare probiotik dikatakan mampu meredakan jerawat. (Foto- Healthline)
Skincare probiotik dikatakan mampu meredakan jerawat. (Foto: Healthline)

Probiotik merupakan bakteri sehat yang hidup di usus dan di permukaan kulit. Probiotik terdiri dari banyak jenis, tetapi paling umum adalah spesies Lactobacillus dan Bifidobacterium yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Biasanya, probiotik hadir dalam makanan yang difermentasi seperti kimchi, tempe, yogurt, hingga acar. Selain itu, probiotik sering ditambahkan pada produk pembersih, pelembap, dan masker.

Baca juga:

Hijabers, Yuk Follow 5 Akun Beauty Influencer Ini Untuk Inspirasi OOTD!

Menurut Dr. Bret Agin, perubahan mikrobioma usus memang bisa memberikan efek langsung ke kulit. Contohnya adalah bagaimana perubahan pola makan bisa mempengaruhi bakteri pada usus, dan mempengaruhi timbulnya jerawat serta kondisi peradangan kulit lainnya.

"Kulit dan usus sangat terhubung, karena mereka terbuat dari 'tabung' yang sama ketika tubuh manusia dibentuk," tambah Dr. Purvisha Patel dari Visha Skincare.

Kesimpulannya, probiotik yang dimakan bisa mendukung kesehatan usus, sehingga bermanfaat bagi kulit. Tetapi probiotik topikal (pemakaian luar) tidak berefek pada sistem pencernaan.

Manfaat probiotik topikal (probiotik pemakaian luar)

Probiotik topikal mampu melembapkan kulit. (Foto HUM Nutrition)
Probiotik topikal mampu melembapkan kulit. (Foto HUM Nutrition)

Probiotik topikal mampu memperkuat mikrobioma kulit yang bersifat melindungi kulit. Perlindungan ini mampu mempertahankan kelembapan dan memperbaiki tekstur kulit.

Menurut Dawn Clifford selaku penemu brand probiotik skincare bernama Glowbiotics, skincare probiotik mampu mengatasi kemerahan dan kekeringan kulit.

Clifford juga menambahkan bahwa skincare probiotik sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi kulit kronis seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

"Probiotik terbukti secara klinis mampu mengurangi munculnya peradangan dan bisa membantu mengurangi kemerahan dan iritasi, sehingga bisa membantu meningkatkan kejernihan dan warna kulit merata," tambah Dr. Roshini Raj dari TULA.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, iringi penggunaan probiotik topikal bersamaan dengan mengonsumsi makanan atau suplemen kaya akan bakteri baik. (shn)

Baca juga:

Begini Membedakan Purging dan Break Out Ketika Mencoba 'Skincare' Baru

Kredit : shenna


shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH