Benarkah Sakit Pinggang Berarti Gangguan Ginjal? Pembicara di acara Gerakan Peduli Hipertensi (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

MUNGKIN hampir setiap orang pernah merasakan sakit pinggang. Bahkan ada yang merasa terkena sakit ginjal ketika merasakan sakit pada bagian pinggang. Soalnya, letak ginjal dekat dengan bagian pinggang. Sehingga ketika pinggang terasa tidak nyaman mereka menganggap ginjal mereka memiliki masalah kesehatan.

Pertanyaannya, apa benar sakit pinggang berarti sakit ginjal? Menurut Dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH, Dipl/M.Med.Si, Finasim, hal tersebut tidak benar. Letak ginjal memang berada di dalam perut dekat pinggang. Namun, tidak ada hubungannya jika seseorang merasa sakit pinggang artinya mereka memiliki ginjal yang bermasalah.

Baca juga:

Terasa Enam Tanda Sakit Perut Begini, Kamu Wajib Cek Kesehatan

Diskusi Media Tentang Kesehatan
Dr. Tunggul D. Situmorang menjelaskan masalah kesehatan pada hadirin (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

"Ginjal itu ada dua, di kanan dan di kiri. Ginjal memang disebut juga dengan buah pinggang. Ukurannya sebesar kepalan tangan Kita," ujarnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Tunggul mengatakan, masalah kesehatan yang terjadi justru banyak orang yang sakit pinggang tapi ginjal mereka sehat-sehat saja. Sebaliknya, orang yang memiliki ginjal sehat mereka malah pernah mengalami sakit pinggang. "Faktanya adalah begitu banyak sakit pinggang yang bukan sakit ginjal," tambahnya.

Namun, memang kata Tunggul ada penyakit ginjal yang memiliki keluhan pada pinggang seseorang. Pada umumnya, jika seseorang menderita penyakit batu ginjal. Mereka juga akan memiliki keluhan berupa rasa tidak nyaman pada pinggang mereka.

Baca juga:

Ternyata, Ada Pesan di Balik Posisi Jerawat

Meskipun begitu, dia mengatakan penyakit batu ginjal bukanlah penyakit yang harus sangat ditakuti oleh setiap orang. Penyakit ini tidak akan membuat pasien mudah mengalami gagal ginjal yang pengobatannya cukup sulit. Dengan begitu, pasien tidak perlu merasa down ketika mengalami batu ginjal. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

"Batu ginjal di bidang kami merupakan penyakit paling mudah dicegah, disembuhkan, dan diobati agar tidak jadi gagal ginjal," tukasnya.

Nah, sahabat Merah Putih, yuk jaga dan sayangi kesehatan ginjal kamu. Cukup konsisten menjaga pola hidup seperti rajin berolahraga, jaga berat badan, hingga tekanan darahmu. Selain itu, hindari pola hidup buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. (ikh)

Baca juga:

Makanan Bernutrisi yang Diperlukan Saat Alami Patah Tulang

Kredit : digdo


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH