(HOAKS atau FAKTA): Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Turunkan Berat Badan? Penelitian membuktikan mengunyah permen karet bisa menahan hasrat ingin ngemil. (Unsplash/Thought Catalog)

PERNAHKAH terpikirkan olehmu, terus-menerus mengunyah permen karet bisa membantu menurunkan berat badan atau membuat pipi jadi tirus?

Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Menurunkan Berat Badan?
Permen karet dipercaya bisa bikin pipi tirus. (Unsplash/Joseph Costa)

Mungkin beberapa orang percaya bahwa mengunyah permen karet menjadi cara ampuh untuk membantu mereka menurunkan berat badan.

Karena hal ini bisa membantu mereka untuk melupakan keinginan makan, tidak lagi mengidam makanan tertentu, bahkan mengencangkan otot rahang.

Baca juga:

Punya Bodi Mirip Bella Hadid tapi Hobinya Makan dan Tidur, Bisa Enggak Ya?

FAKTA:

Daripada membuat analisa sendiri, ternyata ada penelitian ilmiah yang akan membuktikan hal tersebut. Bagaimana permen karet benar-benar bisa membantu kita memiliki wajah tirus dan mengurangi keinginan untuk makan.

Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Menurunkan Berat Badan?
Mengunyah permen karet sebelum makan bisa mengurangi porsi. (Unsplash/Anaya Katlego)

Melansir laman Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan.

Ketika kamu merasa lapar atau baru terpikirkan untuk memakan sesuatu, keinginan itu akan berkurang saat kamu mengunyah permen karet.

Dengan mengunyahnya rasa lapar bisa berkurang, bahkan membuatmu merasa lebih kenyang dan enggak perlu lagi mencamil.

Baca juga:

Lagi Diet? 4 Makanan Ini Aman Buat Cemal-Cemil

Baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan dengan mengunyah permen karet bisa membuatmu bertahan dari hasrat ingin makan selama 10 jam.

Sebuah uji coba juga dilakukan dengan meminta responden untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan. Setelah lima menit mengunyah, para peserta merasa jauh lebih kenyang daripada mereka yang tidak memakan permen karet.

Hebatnya, proses selama mengunyah permen karet ini bisa merangsang pelepasan hormon tertentu di usus. Sehingga mengurangi rasa lapar dan tidak membutuhkan asupan selama beberapa waktu.

Namun di sisi lain, hal ini bukanlah metode yang paling efektif untuk beberapa orang. Buruknya lagi mengunyah permen karet untuk menunda makan justru bisa menurunkan kualitas asupan nutrisi, seperti dikutip dari laman Healthline.

Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Menurunkan Berat Badan?
Permen karet dipercaya bisa menurunkan berat badan. (Unsplash/Joseph Costa)

KESIMPULAN:

Sebagian orang gemar mengonsumsi permen karet di tengah-tengah jam makan. Karena banyak orang yang melakukannya merasa lebih kenyang dan porsi makan siang menjadi lebih sedikit.

Meski penelitian yang dilakukan ini terlihat begitu meyakinkan, efek penerunan berat badan dengan metode ini mungkin bukan solusi terbaik untuk jangka waktu panjang. Karena bagaimanapun tubuh kita tetap membutuhkan nutrisi yang bisa didapat dari asupan makanan. (ren)

Baca juga:

Ladies, Tidur dengan Lampu Menyala Katanya Bisa Bikin Gemuk



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH