hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Benarkah Makan Kulit Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Kulit pisang rumornya bisa bantu turunkan berat badan (Foto: Pixabay/_alicja_)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

KEBANYAKAN dari kita tahu bahwa pisang baik untuk kesehatan. Dengan kandungan 12% dosis harian potassium yang direkomendasikan dan 20% vitamin C dan B6, ditambah sebuah pisang juga menawarkan kurang lebih 3 gram serat. Selain rasanya yang enak, Pisang juga merupakan sumber pati resisten alami yang menekan nafsu makan. Pada gilirannya itu bisa membantu misi penurunan berat badan.

Melansir laman kesehatan Health, seorang ahli gizi mengatakan jika kita ingin mendapatkan manfaat penuh dari pisang, kita juga harus memakan kulitnya. Makan pisang langsung dengan kulitnya? Sudah ada yang mencoba?

Baca juga:

Sederet Manfaat Positif Mengonsumsi Pisang Terlalu Matang

Secara khusus ahli gizi mengatakan, memakan kulit pisang bisa meningkatkan asupan serat untuk tubuh, setidaknya 10%, karena banyak serat makanan yang ditemukan pada kulit pisang. Ia bahkan menjelaskan, dengan memakan kulit pisang kita bisa mendapatkan hampir 20% lebih banyak vitamin B6 dan vitamin C. Dengan itu, kita bisa meningkatkan asupan potasium dan magnesium dalam tubuh.

Benarkah Makan Kulit Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?
Kulit pisang kuning (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Tapi tunggu, itu bukan berarti kita disarankan untuk memakan kulit pisang secara langsung. Kulit pisang perlu dimasak untuk membuatnya jadi lembut, proses itu memecah beberapa dinding sel di dalam kulit pisang dan membuat nutrisi mudah diserap.

Warna kulit pisang pun memiliki manfaat yang masing-masing berbeda. Kulit pisang berwarna hijau kaya akan kandungan asam amino dan tryptophan. Selain itu, kulit pisang hijau juga kaya akan pati resisten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan kulit pisang berwarna kuning tinggi akan proporsi antioksidan yang lebih tinggi terkait dengan efek anti-kanker.

Baca juga:

Pisang Merah, si Langka yang Kaya Manfaat

Tapi sebelum kita mulai memasak dan mengonsumsi kulit pisang, perlu diingat disamping memiliki beberapa nilai gizi yang terbukti, bukti ilmiah untuk mendukung klaim penurunan berat badan dengan metode ini masih kurang. Belum ada penelitian yang dipublikasikan tentang ini, jadi kita tidak tahu secara pasti bagaimana memakan kulit pisang dapat membantu penurunan berat badan.

Sementara secara teoritis nutrisi seperti serat, prebiotik, dan antioksidan dapat membantu menurunkan berat badan, karena penelitiannya kurang, tidak ada pembuktian yang pasti. Beberapa ahli gizi lain bahkan mengatakan tidak perlu untuk memasukkan kulit pisang ke dalam pola makan.

Meski masih abu-abu, jika kamu memutuskan untuk mencobanya pilihlah pisang organik dan mencucinya untuk membersihkannya dari residu pestisida. Setelah itu, kamu bisa mencampurkannya ke dalam smoothies dengan tambahan buah manis maupun vanila. (ADP)

Baca juga:

Pisang Seharga Rp 1,6 Miliar Sukses Gemparkan Dunia, Apa Spesialnya?

Kredit : anandadimas

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5