Benarkah Jika Jodoh Itu Mirip? Ini Penjelasan Ilmiahnya Anggapan Jodoh itu mirip ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah (Foto: Pexels/Josh Willink)

ADA mitos di masyarakat yang menyebutkan jika yang berjodoh biasanya memiliki wajah yang mirip.

Selain wajah, pasangan yang disebut-sebut berjodoh pun mempunyai persamaan dalam kepribadian dan hobi atau minat. Bisakah dibuktikan secara ilmiah?

Baca Juga:

Terbongkar! Ini Dampak Putus Cinta bagi Kesehatan

jodoh itu miirip
Penelitian menyebutkan banyak pasangan yang memiliki kemiripan secara fisik (Foto: Pixabay/Pexels)

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, berdasarkan beberapa penelitian, banyak pasangan yang memiliki kemiripan secara fisik. Tapi, hal itu tak bisa kamu jadikan patokan dalam mencari pasangan. Jangan hanya berusaha mencari seseorang yang mirip dengan dirimu lalu dijadikan pasangan.

Baca Juga:

Beberapa Ciri Perempuan yang Sedang Jatuh Cinta, Nomor 4 Bikin Kamu Terkejut

Bicara soal kemiripan itu, penelitian menyebutkan salah satu faktor pasangan terlihat mirip ialah karena kepribadian keduanya yang cenderung mirip. Itu diperkuat dalam riset lewat analisa foto-foto pasangan, yang baru menikah, dan membandingkan foto-foto pasangan yang usia pernikahannya lebih dari 25 tahun.

Hasilnya menunjukan, bahwa semakin lama pasangan bersama, semakin mereka terlihat mirip satu sama lain. Selain itu, kehidupan bahagia yang dijalani oleh pasangan pun bisa memengaruhi adanya kemiripan secara fisik pada diri keduanya.

jodoh semakin mirip
Semakin lama pasangan bersama maka akan semakin mirip (Foto: Pixabay/stocksnap)

Dari sisi psikologis, minat serta selera seseorang pun bisa berubah menyerupai dengan minat dan selera pasangannya. sebagai contoh, kamu mungkin akan tertarik dengan aliran musik tertentu yang disukai oleh pasanganmu. Atau contoh lainnya, kamu mungkin suka hewan peliharaan jika pasanganmu memiliki hobi memelihara hewan.

Kendati ada penelitian yang mendukung anggapan bahwa mereka yang berjodoh itu mirip. Kamu jangan berpikir jika pasanganmu saat ini yang secara fisik dan psikologis memiliki perbedaan jauh denganmu bukanlah jodoh. Serta kamu tak harus selalu jatuh cinta dengan seseorang yang memiliki kemiripan saja.

Karena ada banyak faktor yang membuat seseorang jatuh cinta, hingga akhirnya terikat pada janji suci pernikahan. Seperti sudah menjalin hubungan yang akrab, pasangan memiliki karakteristik yang kamu sukai, serta saling menyukai satu sama lain. (Ryn)

Baca Juga:

Orang dengan Zodiak Berikut Pantang Menyerah Perjuangkan Cinta, Apakah Kamu Termasuk?

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala