Benarkah Jamu Bisa Menangkal Virus Corona?

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 09 Maret 2020
Benarkah Jamu Bisa Menangkal Virus Corona?
Belum ada pembuktian mengenai jamu sebagai pencegah COVID-19 (Foto: Pixabay/siala)

VIRUS corona atau COVID-19 memang membuat banyak orang semakin memperhatikan kesehatannya. Mereka pun mencari cara agar bisa menangkal virus tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi obat hingga jamu tradisional. Di pasar-pasar, jahe, temulawak, kunyit dan lain sebagainya menjadi barang yang diburu.

Namun timbul pertanyaan, apakah benar jamu tradisional yang terbuat dari rempah-rempah dapat menangkal virus COVID-19?

Dilansir dari Antaranews.com, Senin (9/3), dokter Clarin Hayes mengatakan hingga kini belum ada obat-obatan tertentu yang mampu menangkal atau menyembuhkan virus corona, termasuk jamu.

Baca juga:

Kehebatan Teh Bermanfaat bagi Kesehatan

Obat tradisional sebagai penangkal COVID-19 hanya rumor (Foto: Pixabay/phuonghoangthuy)
Obat tradisional sebagai penangkal COVID-19 hanya rumor (Foto: Pixabay/phuonghoangthuy)

"Kalau ada rumor obat tradisional, jamu, dan sebagainya, hingga sekarang, setahu saya belum ada gold standard (patokan resmi) untuk membunuh virus ini. Belum ada standarnya," ucap Clarin.

"Mungkin di orang A minum jamu bisa ampuh (jadi lebih sehat), tapi kita enggak bisa sama ratakan karena memang belum ada standarnya," lanjutnya.

Meski belum ada obatnya, COVID-19 dapat disembuhkan karena virus merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri (self-limiting disease). Namun penyembuhan ini dipengaruhi oleh sistem imun tiap individu. Imunitas juga bisa dibentuk dari makanan dan minuman bergizi.

Baca juga:

Cegah Eksploitasi Virus Corona, Facebook Larang Iklan Masker Wajah Medis!

Kita hanya membutuhkan imunitas yang kuat (Foto: Pixabay/Ajale)
Kita hanya membutuhkan imunitas yang kuat (Foto: Pixabay/Ajale)

"Virus adalah self-limiting disease, sehingga yang bertugas menyembuhkan dari virus adalah sistem imun kita sendiri. Apapun yang kita konsumsi, selama dia bisa membantu sistem imun kita, maka bisa membantu mempercepat proses penyembuhan," tutur Clarin.

Karena hal tersebut, yang harus kita lakukan adalah fokus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Caranya yakni aktivitas fisik seperti olahraga, memakan buah dan sayur, serta tidak merokok dan meminum alkohol.

Selain itu, dokter kelahiran Surabaya ini menyarankan untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, serta tak terus menerus menggunakan hand sanitizer.

"Karena hand sanitizer adalah pelengkap, kalau lagi kepepet kita enggak ketemu air dan sabun. Kalau dipakai terlalu sering bisa membunuh kuman baik di tubuh kita, harus kita jaga keseimbangan," katanya. (Yni)

Baca juga:

Jangan Langsung Percaya, 5 Aturan Tentang Diet ini Hanya Mitos

#Virus Corona #Penyakit Corona #Pasien Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan