Kecantikan

Benarkah Efektivitas Sampo Menurun?

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 10 Agustus 2022
Benarkah Efektivitas Sampo Menurun?
Merawat rambut yang benar menjamin kesehatannya. (Freepik/Jcomp)

RASANYA tidak afdol apabila mencuci rambut tanpa menggunakan sampo. Terlebih, kini semakin banyak jenis dan merk sampo yang muncul dengan berbagai khasiat-khasiat yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung khasiat apa yang kamu pilih dan berapa besar sampo yang kamu pilih.

Dikutip dari Instyle, berurusan dengan rambut berminyak memang menyebalkan. Terlebih ketika sudah keramas dengan waktu yang lama tapi masih merasa bahwa rambut kurang bersih. Padahal sampo dibuat untuk membersihkan rambut dari kotoran-kotoran yang menumpuk sepanjang hari. Jadi, yang menjadi pertanyaan, apakah sampo benar-benar bekerja dengan baik? Apakah sampo kehilangan efektivitasnya?

Baca Juga:

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy

rambut
Salah perawatan maka rambut bisa berantakan. (freepik/master1305)

Ternyata, yang membuat efektivitas sampo menurun yaitu karena adanya penumpukan pada kulit kepala. “Adanya penumpukan pada lapisan kulit kepala yang merupakan alasan besar mengapa sampo kamu terasa tidak berfungsi,” jelas Kerrie Urban seorang penata rambut.

Bisa jadi penyebab khasnya seperti penggunaan hairspray dan mousse. Apabila sampo kamu mengandung silikon atau lilin, bisa berpotensi menyumbat folikel rambut. Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk tidak menggunakan sampo favorit kamu kembali dengan tujuan rambut kamu tetap bersih. Sebagai gantinya, Urban merekomendasikan sampo pembersih rambut yang bisa kamu gunakan seminggu sekali, seperti bumble and bumble sunday shampoo yang bisa kamu temukan di pasaran.

Baca Juga:

5 Tanda ini Menunjukkan Kondisi Rambut Sehat

rambut
Sampo menghilangkan penumpukan kotoran di rambut. (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)



Dengan penggunaan sampo ini, bisa membantu kamu dalam menghilangkan penumpukkan yang terdapat dalam kulit kepala kamu. Tapi, pastikan untuk menghindari sampo pembersih apabila kamu memiliki rambut yang diwarnai. Urban memperingatkan apabila sampo kamu tidak dibuat untuk rambut yang diwarnai. Karena dapat membuat rambut yang diwarnai memudar dan mengubah warna rambut kamu dalam sekali cuci.

Tidak hanya itu, Urban juga merekomendasikan untuk menambahkan sampo pembersih pada saat musim kemarau. Karena pada musim ini, rambut kamu akan sangat berminyak berbeda dengan musim hujan yang bisa membuat kulit kepala kamu mengering.

Untuk memastikan kamu memakai sampo yang tepat sejak awal yaitu apabila kamu berambut ikal, carilah sampo pelembab yang menjaga rambut ikal agar tetap terhidrasi. Sedangkan kamu yang berambut lurus, kamu bisa mencoba sampo yang bisa menambah volume rambut kamu dan membuat helaian rambut kamu menjadi lebih kuat. (yos)

Baca Juga:

Rambut Bercabang Habiskan Nutrisi Kulit Kepala, Begini Cara Mengatasinya

#Rambut Sehat #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan