Belum Lama Rilis Android 10, Google Siapkan Android 11 Belum lama rilis Android 10, Google sudah siapkan Android 11. (Foto: TechRadar)

SEIRING perkembangan teknologi yang semakin canggih, beberapa perusahaan teknologi berlomba-lomba memberikan berbagai fitur menarik pada sistem operasi mereka. Tentu pembaharuan ini akan menimbulkan efek kenyamanan atau tidaknya bagi para pengguna.

Seperti pada September 2019, Google baru merilis sistem operasi terbarunya yakni Android 10. Namun sayangnya, Android 10 ini tidak tersebar secara merata dan hanya tersedia pada beberapa smartphone tertentu seperti Google Pixel.

Baca juga:

Google Luncurkan Android Q

Dilansir dari laman Trusted Review, pembaruan sistem operasi ini tidak membawa perubahan yang signifikan dari pendahulunya, Android 9 Pie. Fitur yang paling menonjol dari Android 10 adalah mode gelap dan navigasi gestur.

Belum Lama Rilis Android 10, Google Siapkan Android 11
Android 10 yang menggunakan huruf abjad Q. (Foto: c.mi)

Namun, baru-baru ini Google telah mengonfirmasi sistem operasi teranyar, Android 11. Melansir laman Tech Radar pada 13 Oktober 2019, kabar ini muncul ketika Google mengumumkan rencana untuk menggelar acara KTT Android Dev di akhir Oktober bertajuk 'Preparing Scoped Storage in Android 11'. Lantas, apa scoped storage yang dimaksud?

Scoped storage adalah cara mengatur informasi dan file yang dapat diakses dari sebuah aplikasi. Tujuannya adalah utuk meningkatkan keamanan serta kecepatan membaca dan menulis aplikasi. Awalnya, fitur ini dibuat dan ingin diimplementasikan pada Android 10, namun batal karena adanya keluhan dari para pengembang. Pada akhirnya, scoped storage akan diaplikasikan ke Android 11.

Baca juga:

Mengintip Calon Pengganti Sistem Android

Di setiap versi Android sebelumnya, Google memang menggunakan huruf abjad sebagai kode untuk merujuk ke perangkat lunak buatan mereka. Seperti Android 8 dikenal sebagai Android O, Android 9 adalah P, dan Android 10 dengan huruf abjad Q.

Uniknya, arti dari kode tersebut merupakan awalan nama makanan. Meski belum dikonfirmasi secara resmi, Google akan menyematkan nama Android 11 pada sistem operasi terbarunya. Jika mereka berencana menggunakan nama makanan, Android 11 akan menggunakan huruf abjad R.

Tentu dengan adanya kabar bahwa Google akan meluncurkan Android 11 merupakan kejutan bagi masyarakat. Pasalnya, fitur Android 10 masih belum dirasakan oleh sebagian besar orang. Sulit rasanya untuk menebak apa saja fitur pada Android 11. (And)

Baca juga:

Cara Aktifkan Dark Mode Instagram Pada iOS 13 dan Android


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH