Belum Gabung Koalisi Pemerintah, Akhir Juli PAN Umumkan Arah Koalisi Pilpres 2019 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Meski saat ini Partai Amanat Nasional masih menempatkan salah satu kadernya menjadi menteri dalam Kabinet Jokowi-JK, namun menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan partainya belum tentu bergabung dengan koalisi pemerintah pada Pilpres 2019 nanti.

Zulkifli Hasan mengatakan partainya akan mengumumkan arah koalisi pemilihan presiden atau pilpres 2019 pada akhir Juli 2018.

"Nanti kira-kira akhir Juli akan diumumkan," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Minggu (1/7).

Ketum PAN Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Sebagaimana diketahui, berdasarkan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018, tentang jadwal dan tahapan Pemilu, pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2019 akan dilakukan pada 4 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2018.

Sejauh ini baru Presiden Jokowi yang mendeklarasikan diri akan kembali maju di pilpres. Jokowi telah mengantongi deklarasi dukungan dari PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura.

Jokowi diperkirakan kembali berhadapan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga berpeluang mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sementara Partai Demokrat yang mengklaim diri sebagai partai tengah, sampai saat ini masih berupaya menjajaki kemungkinan membentuk poros ketiga.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PDIP Megawati
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mendatangi rumah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar.(MP/Dery R)

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengklaim partainya akan segera duduk bersama dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membahas koalisi di Pemilihan Presiden (Pipres) 2019.

"Sebentar lagi kami akan duduk bersama. Kami cocokkan dulu hasil perhitungan rekapitulasi manual dengan quick count," ujar Ferry dalam sebuah acara diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/6) kemarin.

Menurut Ferry, koalisi antara ketiga partai PKS, PAN dan Gerindra di berbagai pemilihan kepala daerah (Pilkada) menunjukkan ketiganya berhasil menaikkan elektabilitas pasangan calon cukup tajam, khususnya di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk itu, Ferry berharap ketiganya dapat bergabung kembali di Pilpres 2019.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat: Hasil Pilkada 2018 Buat Posisi Presiden Jokowi di Atas Angin



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH