Belum Dapat Restu Jokowi, Masjid Istiqlal Masih Tutup

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Juli 2020
Belum Dapat Restu Jokowi, Masjid Istiqlal Masih Tutup
Gambar Masjid Istiqlal. (Foto: Merahputih.com / Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Masjid Istiqlal telah selesai direnovasi. Namun, masyarakat umum belum diperbolehkan untuk masuk ke dalamnya

"Karena belum diresmikan, saat ini belum bisa (masuk) nanti kalau sudah diresmikan silakan mengajukan via surat," kata Kasubbag Hukum dan Kerja Sama Penanggungjawab Humas Masjid Istiqlal Nur Khayin Muhdlor kepada wartawan, Senin (27/7).

Baca Juga:

2 Alasan Masjid Istiqlal Belum Mulai Gelar Salat Jumat Besok

Ia menambahkan, peresmian tersebut masih menunggu arahan dari pihak Istana Kepresidenan.

Saat ini, pagar Masjid Istiqlal masih terkunci rapat. Masyarakat belum diperbolehkan masuk ke masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Dari luar tepatnya pintu 5 nampak berubah dengan papan petunjuk baru. Sejumlah taman dan tempat parkir juga terlihat baru.

View this post on Instagram

Alhamdulillah, setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah seusai rampungnya pekerjaan renovasi besar oleh Kementerian PUPR. Inilah wajah terbaru Masjid Istiqlal – masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibuka sejak tahun 1978. Kawasan masjid sudah melalui penataan baru meliputi pengembalian aksis Monas dan kerapian zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tanggul sungai, penambahan gedung parkir bawah tanah, perbaikan kantin dan penambahan area PKL. Renovasi besar dilakukan pada arsitektur masjid yang mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi. Sementara renovasi interior masjid dilakukan pada ruang salat utama, area VIP dan kantor pengurus masjid. Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, tata pencahayaan interior dan eksterior, sampai pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior. Seluruh renovasi besar itu dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp475 miliar. Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai sejak Mei di tengah pandemi corona akhirnya rampung. Presiden Jokowi mengumumkan wajah baru Istiqlal itu di media sosial.

"Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp475 miliar," ucap Jokowi dikutip dari Instagram Jokowi, Minggu (26/7).

Baca Juga:

Pengurus Istiqlal Ungkap Alasan Tak Gelar Salat Iduladha

"Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jemaah itu"

Renovasi itu berupa penambahan plaza-plaza, pembangunan parkir bawah tanah yang sangat luas, renovasi gerbang, fasad, dinding, hingga ruang wudu, dan interior dalam dipercantik dengan permainan lampu. (Knu)

Baca Juga:

Masjid Istiqlal tidak Selenggarakan Salat Idul Adha

#Masjid Istiqlal
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan