Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Isimewa Timun untuk Kesehatan Manfaat istimewa timun bagi kesehatan tubuh. (Foto: pixabay/krzys16)

MESKI sering dianggap sebagai sayuran, sesungguhnya timun termasuk jenis buah-buahan lho! Timun memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, karena timun kaya akan kandungan nutrisi, dan memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu tubuh kamu terhindar dari berbagai penyakit. Yuk intip manfaat-manfaat kesehatan buah yang 96% terdiri dari air ini!

1. Rendah Kalori dan tinggi nutrisi

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Isimewa Timun untuk Kesehatan
Timun memiliki kandungan nutrisi vitamin K dan C. (Foto: pixabay/stevepb)

Selain memiliki jumlah kalori yang rendah, timun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. 300 gram timun tanpa dikupas mengandung 45 kalori dengan 62% RDI vitamin K, 14% RDI vitamin C, 13% RDI potasium, serta 10% kandungan magnesium.

Selain itu, timun juga memiliki kadar karbohidrat sekitar 11 gram. Untuk memaksimalkan manfaat timun, sebaiknya konsumsi timun tanpa dikupas ya!

2. Kaya akan antioksidan

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Isimewa Timun untuk Kesehatan
Timun adalah buah yang kaya akan antioksidan. (Foto: pixabay/congerdesign)

Antioksidan merupakan molekul yang bisa menghambat oksidasi di dalam tubuh. Oksidasi sendiri merupakan reaksi kimia yang bisa membentuk atom reaktif dengan elektron yang tidak terpasang yang bisa membuat adanya radikal bebas.

Radikal bebas yang banyak di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit kronis seperti kanker, gangguan jantung, dan juga paru-paru.

Buah-buahan dan sayuran, termasuk timun, merupakan makanan kaya akan bahan antioksidan yang bisa mengurangi risiko terjadinya kondisi-kondisi kesehatan di atas.

3. Membantu menurunkan berat badan

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Isimewa Timun untuk Kesehatan
Timun bisa membantu kamu menurunkan berat badan lho! (Foto: pixabay/Kaz)

Faktor pertama mengapa timun bisa menuruni berat badan kamu adalah jumlah kalorinya yang sangat rendah. Selain rendah kalori, buah ini juga merupakan buah yang sangat kaya akan air sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa makan banyak timun tanpa takut gendut, karena 96% timun adalah air. Timun dapat kamu konsumsi dalam bentuk salad, dalam roti lapis, dan juga lalapan ketika kamu sedang makan pecel.

4. Menurunkan kadar gula darah tubuh

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Isimewa Timun untuk Kesehatan
Timun bisa menurunkan kadar gula dalam darahmu lo. (Foto: pixabay/12069789)

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, timun dapat membantu mengurangi tingkatan gula di dalam darah dan dapat mencegah komplikasi diabetes.

Selain membantu mencegah, timun juga mampu mengontrol dan menstabilkan kadar gula di dalam darah, terutama kulit timun. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH