Belimbing Wuluh, si Mungil dengan Khasiat Besar Belimbing Wuluh. (Instagram/@ina_sugiarti)

MUNGIL, tapi kaya akan manfaat. Ya! Belimbing wuluh namanya. Siapa sangka, buah kecil yang dapat ditemukan di taman sekitar rumah ini memiliki segudang manfaat. Salah satunya sebagai pereda peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Belimbing wuluh atau Averrhoa bilimbi dalam bahasa Latin memiliki rasa masam yang khas. Selain itu, buah berbentuk lonjong dengan warna hijau yang terang ini juga banyak dimanfaatkan sebagai sajian berkuah seperti sayur.

Lalu, apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan metabolisme tubuh? Berikut paparannya.

1. Mengendalikan Hipertensi

Mengendalikan Hipertensi. (Pixabay/1643606)
Mengendalikan Hipertensi. (Pixabay/1643606)

Seperti dilansir Go-Dok, hipertensi merupakan suatu kondisi pada seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah karena terdapat sumbatan seperti tumpukan lemak di dalam saluran pembuluh arteri. Seseorang dapat dikatakan memiliki gejala hipertensi ketika memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg secara konsisten.

Nah, buah belimbing wuluh ini rupanya telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Caranya, rebus tiga buah belimbing wuluh dan minumlah air rebusannya setiap pagi untuk mengontrol tekanan darah.

2. Mengendalikan Diabetes

Test penyakit diabetes. (Pixabay/TesaPhotography)
Test penyakit diabetes. (Pixabay/TesaPhotography)

Buah belimbing wuluh juga dapat menurunkan kadar gula darah. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, membuat jus dari buah ini dan diminum layaknya jus buah lainnya. Kedua, rebus buah belimbing buluh dan tumbuk dengan 1 cangkir air sampai setengah dari airnya menguap. Lalu ambil rebusan airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari.

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib