Beli Tiket Mudik di Waktu Mepet, ini Triknya Berburuu tiket di waktu mepet masih bisa, ini triknya. (foto: pixabay/stocksnap)

IDEALNYA sih, kamu sudah siap-siap membeli tiket mudik jauh-jauh hari, apalagi kalau kamu mudik dengan pesawat. Namun, jika keadaan enggak memungkinkan kamu belli tiket dengan segera, masih bisa kok berburu tiket di waktu yang mepet. Tentunya asal tahu trik berikut, seperti dilansir Antara.

1. Beli tiket di agen wisata

train
Belilah tiket dari travel agent. (foto: pixabay/himanshugunarathna)

Kamu bisa memanfaatkan kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan agen perjalanan. "Agen wisata kerap mengeluarkan promo-promo menarik di menit-menit akhir," kata Hendri Yapto, Chief Operating Officer Dwidayatour, seperti dilansir Antara.

Cari agen-agen wisata terdekat dari tempatmu. Sering kali ada pilihan cashback dari sejumlah bank yang bekerja sama. Itu bakal bikin pengeluaranmu lebih hemat.

2. Cari promosi dan diskon

traveling
Jelilah mencari promo dan diskon. (foto: pixabay/JShoot_com)


Meski sudah pasti enggak bakal dapat harga tiket murah jelang Hari Raya Idul Fitri, kamu tetap bisa mendapat harga hemat kok. Manfaatkan berbagai promosi dan diskon yang ditawarkan agen wisata, baik yang konvensional maupun daring.

"Salah satu caranya, ketahui kalau ada berbagai promosi," ujar Yosi Marhayati, Public Relations Executive Tiket.com.

3. Unduh berbagai aplikasi pemesanan tiket


Jika kamu cuma punya satu aplikasi agen perjalanan di ponsel pintarmu, sekarang saatnya menambah berbagai aplikasi lain. Hal itu agar kamu bisa membandingkan harga juga mengetahui berbagai promo yang ditawarkan. "Karena pada periode seperti mudik kali ini, sangat banyak promosi yang ditawarkan," kata Bayu Wardhana, Corporate Communication Panorama JTB Tours.

Aplikasi pemesanan tiket membuat kamu lebih leluasa dan bisa menghemat waktu dalam mengecek ketersediaan tiket untuk rute yang diinginkan.

4. Ganti destinasi

traveler
Pertimbangkan untuk mengganti tujuan. (foto: pixabay/cuncon)


Saat tiket ke kampung halaman memang benar-benar sudah habis terjual, kamu mungkin harus berpikir untuk berganti tujuan. Pertimbangkan juga menghabiskan Lebaran dengan suasana berbeda.

Kamu bisa mengganti jadwal pertemuan dengan keluarga besar di kampung halaman. Alih-alih, habiskan libur Idul Fitri dengan menyegarkan pikiran berpetualang di kota atau negara lain.

Menurut Hendri, tujuan populer untuk menghabiskan libur lebaran di luar negeri meliputi Jepang, Korea Selatan, serta kota-kota di Eropa.

"Mengingat libur lLebaran biasanya diikuti oleh libur sekolah, banyak yang memanfaatkannya untuk liburan panjang," kata dia.

Sementara itu, rute domestik yang jadi rebutan didominasi kota-kota besar, seperti Bali, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, dan Pontianak. Selain untuk mudik, rute seperti Bali juga biasanya laris dipesan untuk liburan. Kamu bisa memilih kota yang berbeda dari tujuan populer tersebut untuk mendapatkan suasana Lebaran yang berbeda.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH