Belasan Rumah Warga Sleman Rusak Diterjang Angin Puting Beliung Rumah warga Sleman yang diterjang angin puting beliung (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Hujan lebat dan angin puting beliung merusak belasan rumah warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peristiwa ini terjadi pada Selasa, (5/3) sore.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan angin puting beliung ini melanda Kecamatan Prambanan.

"Rumah warga yang rusak ada di Dusun Totogan RT 05 dan 06/RW 05, Madurejo,"jelas Biwara melalui keterangan pers di Yogyakarta, Selasa (5/3).

Belasan rumah di Sleman diterjang angin puting beliung
Rumah warga Sleman yang diterjang angin puting beliung (MP/Teresa Ika)

Angin puting beliung ini merusak sekitar 16 rumah warga. Biwara menjelaskan sebagian besar kerusakan terjadi pada atap rumah.

"Genting dan asbes rumah warga tersapu angin puting beliung. Jadi langit-langit rumah warga bolong. Ada yang terbuka juga," jelasnya.

Ada pula rumah yang rusak karena tertimpa pohon tumbang. Beberapa kabel listrik yang berada di dekat rumah warga juga putus.

Kondisi rumah warga Sleman
Kondisi rumah warga Sleman, Yogyakarta yang terkena angin puting beliung (MP/Teresa Ika)

Rumah warga yang terdampak paling parah ada di kediaman Ngadiran di RT 05/ RW 05. ‌"Genting copot 500 Biji dan Krepus rusak 50 Biji.‌ Pagar tertimpa pohon jati berdiameter 30 cm, "kata dia.

Tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman dan TRC DIY sudah turun ke lapangan. Bersama relawan dan babinsa, TRC membantu warga membersihkan genteng dan asbes yang rusak berserakan di tanah. Sementara kabel listrik yang putus dan pohon tumbang akan disingkirkan esok hari.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: BPN Tetap Solid Meski Wasekjen Demokrat Andi Arief Terjerat Kasus Narkoba

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH