Belasan Ribu Perusahaan Keluar dari Catalonia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 26 Oktober 2017
Belasan Ribu Perusahaan Keluar dari Catalonia
Unjuk rasa mendukung persatuan Spanyol sehari sebelum referendum kemerdekaan 1 Oktober yang dilarang di Catalonia, di Madrid, Spanyol, Sabtu (30/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez)

MerahPutih.com - Lebih dari 1.500perusahaan telah meninggalkan Catalonia, wilayah Spanyol timur laut, di tengah kekhawatiran kemerdekaan wilayah tersebut dari Spanyol. Demikian media lokal melaporkan baru-baru ini, mengutip sumber dari College of Mercantile Registers of Spain.

Antara 2 Oktober hingga 24 Oktober, sebanyak 1.501 perusahaan memutuskan untuk meninggalkan Catalonia, sementara pada Selasa (24/10), 107 perusahaan memutuskan untuk memindahkan markas mereka dari Catalonia ke tempat lain.

Peristiwa ini sebagai tanggapan atas kekhawatiran akan deklarasi kemerdekaan sepihak setelah wilayah tersebut mengadakan referendum penentuan nasib sendiri pada 1 Oktober lalu.

Referendum tersebut dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol, karena melanggar konstitusi Spanyol.

Pemerintah Spanyol mengeluarkan sebuah keputusan setelah referendum yang membuat perusahaan-perusahaan meninggalkan Catalonia dan memindahkan markas mereka ke tempat lain di Spanyol, karena keputusan tersebut tidak perlu disahkan oleh rapat pemegang saham, kecuali undang-undang perusahaan tersebut mengatakan hal yang sebaliknya. (*)

Sumber: ANTARA

#Catalonia #Spanyol
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan