Belasan Ribu Lowongan Tersedia di Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019 Ilustrasi pencari kerja mengisi data secara online. (Foto Antara/Didik Suhartono)

MerahPutih.com - Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019 memasang target mampu menyerap 18 ribu lapangan kerja. Ajang yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan ini berlangsung dua hari, 22-23 Maret besok

"Kami mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan lapangan kerja," kata Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, saat membuka acara di JI EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2019).

Hanif melanjutkan, pihaknya juga mewadahi kolaborasi antara forum start up di Indonesia serts jejaring pekerjaan di berbagai bidang. "Kami ingin mempersiapkan lapangan kerja dan tenaga kerja yang handal dalam menyongsong revolusi Industri 4.0," jelas Hanif.

Menurut Hanif, selama ini terjadi ketimpangan luar biasa jumlah pencari kerja dengan minimnya skill. Untuk itu, dia berharap bursa kerja yang digelar Kemenaker ini dapat menyerap tenaga kerja di tanah air.

"Penyebab pengangguran karena banyak perusahaan pencari kerja, namun banyak pula yang skillnya minim. Seperti perusahaan Garmen di Jawa Tengah yang membutuhkan puluhan ribu pekerja, namun yang bisa didapat hanya sedikit," tutur kader PKB itu.

hanif
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. MP/Kanugrahan

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019. Tersedia 18.148 lowongan pekerjaan yang meliputi 1.242 jabatan dari 157 perusahaan di berbagai sektor.

Ada pula beberapa kegiatan yang bisa diikuti para pencari kerja dalam acara itu, meliputi talent mapping, human resource platform, softskill efucation platform, jobseeker startu dan Business Card Festival.

Pameran perusahaan di luar negeri yang membuka magang dan lapangan pekerjaan, kemudian pengenalan Business Card Festival yang merupakan instalasi kartu nama berbagai takenta profesi yang berbeda agar pengunjung dapat saling terkoneksi dan bertukar kartu nama. Sehingga melahirkan potensi kolabotasi antar disiplin.

Bahkan, nantinya bakal diberikan pelatihan juga bagaimana cara membuat CV yang menarik, desain portofolio dan melatih skill berbicara dalam wawancara kerja. Jika tertarik, pencari kerja dapat mendaftarkan diri padalaman https:///e-bursakerja.kemnaker.go.id dengan membawa Qrcode hasil pendaftaran tersebut sebagai akses menuju lokasi yang menyediakan 250 both ini. (Knu)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH