Belanja Online Berkembang Karena Sistem Pembayaran

Fadhli Fadhli - Jumat, 02 Oktober 2015
Belanja Online Berkembang Karena Sistem Pembayaran
Online Shoping. (Foto: Merchant)

MerahPutih Teknologi - Seiring berkebangnya aplikasi dalam elemen E Commerce, lambat laun banyak orang meninggalkan sistem berbelanja konvensional. Kini banyak orang memilih belanja online yang kini makin berkembang karena mudahnya sistem pembayaran di Indonesia.

Selain sistem pembayaran tunai, kita kini mengenal pembayaran menggunakan kartu juga T-Cash dan eMoney. Beragam sistem pembayaran baru ini lah yang membuat belanja online bertumbuh pesat sekarang ini.

Akibat berkembangnya belanja online karena sistem pembayaran baru ini, akhirnya beberapa budaya mulai berkurang. Salah satunya adalah COD, sistem jual beli yang mengharuskan penjual dan pembeli bertemu. Belanja online sama sekali tidak membuat penjual dan pembeli bertemu.

Belanja online makin bertumbuh juga dikarenakan jaminan dari sang penjual. Banyak penjual online seperti Zalora yang memungkinkan pembeli dapat menukarkan barang yang dibelinya jika merasa tidak puas.

Daniel Tumiwa, pemimpin dari idEA menuturkan dalam seminar Indosat ISBytes 2015 (30/9), bahwa dengan menjamurnya belanja online dan sistem pembayaran baru seperi transfer uang via aplikasi mobile, T-Cash, dan eMoney, selain membuat orang meninggalkan sistim bayar tunai, bahkan penggunaan mesin ATM kini berkurang.

Daniel mengiyakan bahwa program eMoney pemerintah sudah lumayan sukses. Daniel menyatakan bahwa kebijakan pemerintah ini sangat mendukung E Commerce. Terlebih pemerintah talah sangat membantu UKM dengan membantu memasarkan produk mereka.

 

Baca juga:

  1. Antusiasnya Netizen Rayakan International Coffee Day
  2. Smartphone Gahar Ini Dipersenjatai RAM 6 GB
  3. Bayi Meninggal Diduga Korban Kabut Asap Tuai Simpati dan Duka Netizen
  4. Exchange and Transaction Jadi Tema Indosat IDByte Hari Kedua
  5. E Commerce Berharga untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
#Aplikasi #E Commerce #Belanja Online
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan