Belanja Daring, Solusi Penuhi Kebutuhan Lebaran dengan Harga Miring (kanan-kiri) COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, Creative Director & Co-Founder PVRA Kara Nugroho, serta CEO dan pendiri By Lizzie Parra (BLP) Lizzie Parra di malam puncak Ramadan Ekstra bertajuk ‘S

SAAT bulan Ramadan telah berjalan, umat muslim di Indonesia tak hanya sibuk menjalankan ibadah puasa, tapi juga mulai bersiap untuk menyambut hari raya. Karena itulah, kebutuhan di bulan puasa ini berbeda dari bulan biasanya. Otamatis, tren belanja konsumen pun berbeda. Tak terkecuali di ranah belanja daring.

Di bulan-bulan sebelumnya, tren belanja daring diwarnai barang elektronik yang cukup tinggi peminatnya. Namun berbeda saat bulan Ramadan ini.

(Foto: MerahPutih/Raden Yusuf Nayamenggala)

Chief Operating Officer Tokopedia Melisa Siska Juminto menuturkan bahwa selama Ramadan ini, belanja daring mengalami peningkatan di tiga kategori, yaitu peralatan rumah tangga, busana muslim, dan minuman.

“Elektronik dan sejenisnya secara nominal memang cukup besar di Tokopedia, tapi untuk transaksi dan order, alat-alat rumah tangga peningkatanya sangat tinggi ketimbang biasanya,” ucap Melisa saat ditemui Merahputih.com di malam puncak Ramadhan Extra Tokopedia di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Kamis (24/5).

(Foto: MerahPutih/Raden Yusuf Nayamenggala)

Belanja busana muslim, makanan dan minuman, serta kecantikan melonjak naik seiring berjalannya Ramdan. Khusus untuk kebutuhan busana muslim baru, permintaan meningkat cukup baik. Bisa dikatakan penjualan pun tergolong cukup laris.

Sementara itu, kenaikan penjualan alat rumah tangga yang cukup signifikan disebabkan banyak ibu yang berbelanja untuk mendekor rumah secantik mungkin untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti.

Ada waktu ramai masyarakat berbelanja daring di Tokopedia saat Ramadan. Bisanya lonjakan belanja terjadi ketika waktu menjelang buka puasa, karena kebanyakan para pembeli telah browsing sejak pagi untuk memilih-milih barang mana yang akan diboyong. Mereka baru memutuskan untuk membeli menjelang waktu buka puasa. Selain itu, di waktu-waktu tertentu di bulan Ramadan ini, belanja daring mengalami peningkatan keseluruhan, khususnya pada tanggal 25 menjelang waktu gajian juga mendekati Lebaran, saat umumnya orang telah mendapat THR.

Dengan tren peningkatan belanja selama Ramadan itulah, Tokopedia menggelar malam puncak Ramadan yang bertajuk Semarak Ramadan Esktra yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta, Kamis (24/5). Acara itu sendiri merupakan pengantar sebuah kejutan belanja daring.

Salah satu inovasi digital yang dihadirkan oleh tokopedia dalam Semarak Ramadhan Ekstra ialah masyarakat Tanah Air dapat berinteraksi secara langsung dengan layar televisi dalam berbelanja. Berbagai produk dari mulai fesyen hingga kosmetik yang dikenakan para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra dapat langsung dibeli dengan harga ekstra hemat lewat shake-shake. Metode itu dilakukan dengan menggoyangkan ponsel kamu saat model dengan produk tersebut muncul di layar kaca.

Produk-produk yang digunakan para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra merupakan 100% produk lokal. “Jadi apa yang saat itu ditonton bisa langsung dibeli. Ini merupakan inovasi pertama di Indonesia yang menggabungkan pengalaman luring dan daring dalam berbelanja,” kata Melissa.

Untuk mewujudkan inovasi tersebut, pihak Tokopedia juga memberikan panggung bagi puluhan merek lokal melalui acara tersebut dengan harapan memperluas jangkauan produk mereka. Hal itu disebabkan komitmen Tokopedia sendiri sejak awal berdiri, yakni mengawal perkembangan brand-brand lokal hingga nantinya dapat menjadi brand kebanggan Indonesia yang dapat menembus pasar internasional.

(foto: pixabay/mark_orel)

Buat kamu yang ingin belanja daring, Tokopedia menyediakan yang spesial. Pada puncak Ramadhan Ekstra, Tokopedia menyiapkan berbagai penawaran yang bisa didapatkan dengan harga miring, yaitu diskon 99%-100%. Seperti halnya iPhone X 64GB yang bisa kamu dapatkan dengan hanya Rp 0- Rp 179 ribu. Yamaha Mio M3 125 seharga Rp 157 ribu, dan New Yaris/E/MT off the road seharga Rp 2 juta.

Untuk mendapatkan harga-harga miring tersebut, para pengguna Tokopedia cukup menggoyangkan ponsel ketika masuk ke aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu untuk mendapat beragam extra prize itu. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ingin Membeli Smartphone Gaming? Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH