Belanja Daring Aman dan Pintar saat Promo Menyambar Pastikan kamu belanja daring secara aman. (foto: chinabrands.com)

BELANJA daring kini sudah jadi gaya hidup. kemudahan yang ditawarkan bikin siapa saja tergiur. Belum lagi ketika momen tertentu, berbagai promo menggiurkan menyambar. Membuat niat belanja menggelora deh.

Kemudahan berbelanja dan keberagaman barang yang dijual pun bisa membuat kamu terkecoh jika tidak benar-benar fokus belanja barang secara daring. Mulai dari ukuran yang berbeda, barang tidak sesuai dengan gambar, ataupun reputasi toko yang tidak baik sehingga kamu tertipu. Nah, biar pengalaman belanja daring kamu enggak negatif dan menyebalkan, terapkan tips berikut.

BACA JUGA: Ketika Promo Belanja Daring Menyambar di Akhir Tahun

1. Ketahui lebih dalam website, akun penjual serta reputasinya

belanja daring
Jelilah memilih toko saat belanja daring. (foto: Europe parliament)

Saat berbelanja di toko daring yang telah tepercaya, bertransaksi di tempat tersebut bisa dibilang aman. Apalagi, saat ini sudah banyak toko online yang sudah official sehingga kemungkinan kamu ditipu sangatlah kecil.

Jika barang yang kamu inginkan dijual oleh penjual yang belum kamu ketahui, cobalah lihat reputasi toko mereka lewat ulasan pembeli. Jangan lupa menggunakan website penjualan yang memang aman dan bertanggungjawab secara penuh terhadap berbagai transaksi yang terjadi di website mereka.

2. Ketahui produk yang kamu beli

promo produk
Kenali produk, jangan terpancing promo. (foto: cifnews international)

Jika kamu belum mengetahui penjelasan produk yang ingin kamu beli, cobalah untuk melakukan research seputar produk tersebut di internet. Jika kamu bertanya kepada penjual secara langsung, bisa jadi penjelasan kurang jelas dan subjektif.

Selian itu, pastikan kamu mencocokkan informasi yang kamu tahu dengan penjual untuk memastikan produk yang kamu beli benar dan sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga harus memastikan ukuran, fungsi, dan hal-hal mendetail lain untuk mengurangi kepuasan saat berbelanja online.

3. Jangan terpancing harga yang terlalu murah

online shopping
Harga murah bisa menipu. (foto: the investor)

Kamu harus jeli dan curiga jika ada toko daring yang menjanjikan harga yang terlalu murah, bahkan terkadang lebih murah dari pasaran. Pertimbangkan beberapa kemungkinan apakah toko tersebut menjual barang palsu, mendapatkan barang secara tidak legal, atau bisa jadi barang kamu tidak akan dikirim karena kamu ditipu.

Terkadang, promo harga murah juga merupakan trik penjual. Ketika kamu sudah membayar, mereka akan mengatakan produk yang kamu inginkan sudah out of stock atau habis, kemudian mereka mencoba untuk menyuruh kamu tukar-tambah dengan barang lain yang mereka jual.(shn)

properti
properti
properti

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH