Belajar yang Menyenangkan, Memotivasi Murid

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 26 November 2019
Belajar yang Menyenangkan, Memotivasi Murid
Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

JADI guru bukanlah hal yang mudah. Masa depan ratusan anak-anak ada di tanganmu. Orangtua memberikan tanggung jawab dan harapan tinggi kepada setiap guru yang mengajar anak-anaknya. Untuk itu beban yang ditanggung pun semakin berat. Seorang guru tidak boleh salah dalam bertindak apalagi mengambil keputusan. Semua harus berdasarkan insting dan hati nurani.

Melansir dari teachthought.com, ada beberapa trik yang bisa memotivasi murid tetapi jarang disadari oleh guru. Belajar harus menjadi kegiatan menyenangkan bagi murid terutama mereka yang masih termasuk dalam golden ages.

Baca Juga:

Kisah 'Epic Comeback' Murid yang Pernah Diremehkan Guru


1. Biarkan Eksplorasi

biarkan eksplorasi
Murid harus melakukan eksplorasi. (Foto: Pixabay/Bessi)


Guru memang ditugaskan untuk menuntun langkah murid. Tetapi kamu tetap harus membiarkan mereka eksplorasi terhadap pemahaman dan pengalaman yang mereka dapatkan di sekolah. Biarkan mereka bertanya dan menanggapi sebuah argumen. Kegiatan seperti ini akan menstimulasi pertumbuhan sel otaknya.


2. Memberikan Tanggung Jawab

memberikan tanggung jawab
Mulai memberikan tanggung jawab besar kepada murid. (Foto: Pixabay/picjumbo_com)


Seorang guru harus berani memberikan tanggung jawab kepada murid-muridnya. Bisa melalui tugas riset dan membuat sebuah presentasi. Atau membiarkan murid menyusun rangkaian acara di sekolah. Dengan begitu mereka akan terbiasa bekerja sama dengan lingkungan pertemanan dan melaksanakan tugas. Murid juga terbiasa untuk bertanggungjawab penuh terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada mereka.


3. Hadiah

hadiah
Berikan hadiah pada murid berprestasi. (Foto: Pixabay/pixel1)


Jangan malu untuk mengapresiasi murid. Memberikan hadiah kepada mereka yang mendapatkan nilai tertinggi akan memberikan energi positif pada lingkungan di dalam kelas. Murid-murid lain akan semakin termotivasi untuk belajar lebih giat agar diapresiasi oleh guru.

Baca Juga:

Cobain deh, Cara Ampuh Jadi Murid Kesayangan Guru

4. Banyak Evaluasi Diri

banyak evaluasi diri
Kamu dan murid harus sering melakukan evaluasi. (Foto: Pixabay/truthseeker08)


Saat ini bukan lagi zamannya memberikan hukuman kepada murid yang melakukan kesalahan. Banyak melakukan evaluasi diri akan menumbuhkan motivasi pada diri seorang murid. Secara tidak langsung mereka akan menghindari sebuah masalah. Evaluasi diri juga memungkinkan murid untuk lebih mengenal dirinya sendiri sehingga masa depannya lebih terarah.

5. Bimbing Setiap Hari

bimbing setiap hari
Bimbing murid setiap hari. (Foto: Pixabay/sasint)

Seorang guru wajib membimbing muridnya setiap hari. Tidak hanya membimbing kegiatan akademik tetapi juga kondisi emosionalnya. Kenali karakter setiap murid karena cara belajarnya pun berbeda-beda. (mar)


Baca Juga:

Guru 'Dipaksa' Tidak Fokus pada Tugasnya

#Guru #Guru Kreatif #Hari Guru Nasional #November Shayyy
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan