Belajar Tentang Bencana Alam di Earth Manual Project Yogyakarta Earth Manual Project (Foto: Istimewa)

BENCANA dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja! Komunikasi menjadi hal penting untuk mengatasi bencana. Ya, dengan adanya komunikasi kamu dan orang sekitarmu bisa mengantisipasi bencana apapun yang melanda.

Nah, Event Earth Manual Project akan memberikanmu wawasan seputar bencana alam. Event ini akan dihelat pada 11-31 Januari 2020 di Jogja Gallery, Yogyakarta. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Demikian menurut berita pers yang diterima merahputih.com pada Jumat (10/1).

Baca juga:

Selamat Dari Tsunami dengan Cara Menyelam, Apakah Mungkin?

Earth Manual Project merupakan pameran tentang penerapan berbagai ide kreatif dan inovatif untuk mengatasi isu-isu kebencanaan dalam tahapan yang berbeda-beda. Mulai dari pendidikan kesiap siagaan bencana, hingga upaya-upaya respon dan bantuan ketika bencana terjadi.

Jadwal kegiatan Earth Manual Project (Foto: Istimewa)

Pameran yang berasal dari Jepang ini juga meliputi proyek dan karya dari beberapa negara lain yang juga kerap mengalami bencana semisal Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Pameran yang dihelat Japan Foundation bertujuan untuk membagikan, menghubungkan, dan juga menjadi sarana untuk belajar tentang penerapan ide-ide kreatif dalam kebencanaan. Beberapa di antaranya telah berevolusi dan berubah dari ide awalnya.

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini dibuat melalui riset yang mendalam dan proses wawancara yang terperinci dengan para penyintas bencana, dan dibuat oleh para ahli dalam kebencanaan, arsitektur, desainer, dan seniman, yang kolaborasi.

Baca juga:

Bisa Bahasa Jepang Bikin Kamu Gampang Cari Kerja

Karya dan proyek yang dihasilkan memanfatkaan pendekatan kreatifitas dan inovasi yang jelas, untuk mengatasi isu-isu kebencanaan. Karya yang ditampilkan meliputi HANDs! Project (Jepang, Indonesia dan 7 negara di Asia lainnya), Kumpulan Video Roo su Flood (Thailand), Paper Partition System 4 (Jepang), Rumah Inti (Indonesia), hingga Lost Homes (Jepang).

Dimeriahkan beberapa bintang tamu (Foto: Istimewa)

Pameran Earth Manual Project pertama kali diadakan di Design and Creative Center Kobe (KIITO), di Kota Kobe, Hyogo, Jepang pada 2013 silam. Kemudian, pameran ini telah diselenggarakan di beberapa tempat di Filipina, Thailand dan Amerika Serikat.

Kehadiran event ini di Indonesia bukan pertama kalinya. Sebelumnya, Earth Manual Project diadakan di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan pada bulan Mei 2019 lalu.

Acara ini akan juga akan dimeriahkan oleh Shigeru Ban Ikaputra, Bumpei Yorifuji/NPO Plus Arts, Hiroshi Fuji/NPO Plus Arts, Osamu Tsukihashi, Alma Quinto, Red Bear Survival Camp Club, NHK World, Roo su Flood, DAKILA, Ayala Museum, dan The Japan Foundation Asia Center/HANDs! Project Fellows-ARC and KIDSUP Teams. (ikh)

Baca juga

12 Hari Pekan Budaya Jepang, Yuk Mengenal Negeri Sakura Lebih Dekat

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH