Hobi
Belajar Seni Menulis Indah Kala Gabut Libur Sekolah Akibat Pandemi Belajar seni menulis indah. (Foto: Pexels/Miguel á Padriñán)

UJIAN akhir semester telah selesai. Tidak ada lagi duduk di depan laptop berjam-jam, dipaksa untuk bangun pagi, harus mengerjakan PR, atau perintah guru menyalakan kamera agar bisa ikut absensi di kala masih kantuk. Intinya selesai ujian akhir semester merupakan saat tepat untuk menikmati hari tanpa terganggu hal-hal akademik.

Libur semester kali ini tentunya berbeda dari liburan sebelumnya. Jika biasanya bisa pergi ke Dufan atau bermain ice skating saat, di masa pandemi kegiatan diharuskan dilakukan di rumah saja. Jangankan liburan.

Belajar saja sudah dilakukan di rumah, jadi tidak mungkin untuk bisa berpergian saat libur. Lantas harus melakukan apa pada liburan sekolah kali ini? Pasti akan bosan jika hanya bermain game dan menonton film di sepanjang liburan semester. Bagaimana jika kamu menambah bakatmu dengan mencoba seni menulis?

Baca juga:

Kekuatan Ilmuwan Cilik Buat Ngilmu di Negeri Aing

Belajar Seni Menulis Kala Gabut Libur Sekolah Akibat Pandemi
Seni menulis indah dengan brush pen. (Foto: MP/Chrestella)

Seni menulis merupakan keterampilan menulis indah memperlihatkan bentuk tulisan meliuk-liuk atau dengan teknik coretan-coretan tak biasa. Mungkin setelah mendengar kata seni menulis indah kamu akan berpikir “Bagaimana jika tulisanku tidak bagus?”.

Kamu tidak perlu takut karena keterampilan menulis indah bisa dilakukan meskipun tulisan pada catatan sekolahnya sangat berantakan. Hal ini bisa terjadi karena seni menulis indah hampir sama seperti seni melukis. Bahkan banyak orang kidal mempunyai tulisan lebih bagus dibandingan orang biasa menulis dengan tangan kanan.

Seni menggambar huruf atau seni menulis juga terbagi atas beberapa bagian seperti kaligrafi, hand lettering, dan tipografi. Apa saja perbedaan antara ketiganya?

Kaligrafi

Kaligrafi merupakan seni menulis indah dilakukan secara bersambung tanpa terputus. Kamu pasti pernah melihat film klasik ketika ada adegan orang menulis menggunakan sehelai bulu dicelupkan tinta.

Kaligrafi juga memiliki pembagiaan up stroke dan down stroke agar menjadi pembeda tiap bagian tulisaannya. Misalnya pada saat kamu menarik alat tulis ke atas maka hal itu disebut sebagai up stroke (garis tipis). Ketika kamu menariknya ke bawah maka harus menekan pulpen agar terbentuk down stroke (garis tebal).

Kaligrafi memiliki putaran atau liukan-liukan biasanya digunakan untuk menghias tulisan. Lengkungan ini disebut sebagai “Flourish” pada tulisan kaligrafi dan harus seimbang dengan ukuran dan menyambung pada tulisan. Kaligrafi dikenal sebagai teknik lama dalam seni menulis.

Hand Lettering

Hand Lettering atau Brush Lettering merupakan seni menulis terdiri lebih dari satu goresan. Berbeda dengan kaligrafi, hand lettering biasanya menambahkan gambar atau hiasan berupa corak-corak.

Terdapat juga teknik up stroke dan down stroke pada lettering, hanya saja alat digunakan untuk menulis berbeda dengan kaligrafi.

Lettering sering disebut sebagai kaligrafi modern karena tidak perlu menggunakan alat dicelup tinta sehingga menjadi lebih praktis. Jenis seni menulis ini biasanya lebih banyak diminati dan ditekuni kalangan muda.

Baca juga:

Inspirasi Ngilmu di Negeri Aing Lewat Hidup Sepuh Layar Perak Indonesia

Tipografi

View this post on Instagram

A post shared by Ellis // Art (@3llisngu)

Tipografi merupakan seni menulis gabungan dari kaligrafi dan hand lettering. Tipografi pada dasarnya terdiri atas bentuk dan jenis huruf berbeda-beda, kemudian digabungkan menjadi suatu komponen tulisan menarik.

Tipografi biasanya dapat terlihat pada sebuah quotes biasa ditulis dengan beberapa font tulisan berbeda, mulai dari campuran tulisan biasa, kaligrafi, dan tulisan bergambar seperti lettering.

Belajar Seni Menulis Kala Gabut Libur Sekolah Akibat Pandemi
Alat yang digunakan untuk seni menulis. (Foto: Pexels/Anthony Shkraba)

Alat-alat digunakan untuk melakukan seni menulis ini tentunya sangat mudah untuk didapatkan bahkan kamu bisa menemukannya di rumah. Jika baru pertama kali ingin mencoba dan belum memiliki pena kaligrafi atau brush lettering, kamu bisa menggunakan pensil atau pulpen.

Hal ini bisa dilakukan karena sebenarnya seni menulis bukan terletak pada alat digunakan, tetapi pada kekuatan dan tekanan tangan saat menulis. Dengan kata lain, kamu bisa membuat seni kaligrafi ataupun lettering dengan goresan pensil dan hanya mengandalkan teknik up dan down stroke.

Mungkin jika kamu tetap ingin membeli alat-alat dasar bisa mendapatkannya beberapa alat, seperti brush pen untuk lettering dan nibs, nibs holder, serta calligraphy ink untuk kaligrafi pada toko buku dan peralatan tulis terdekat ataupun online shop.

Brush pen biasanya cocok untuk pemula adalah Koi Coloring Brush Pen, Lyra Aqua Brush Duo, Tombow Brush Pen, Tombow Fudenosuke Brush Pen, dan Pentel Touch Brush Pen.

Sedangkan pemula kaligrafi, kamu memerlukan Kuretake ZIG Nibs Holder dan Speedball Oblique Pen Nib Holder untuk tangkan kayu dipakai.

Ujung runcingan atau nibs paling cocok adalah Nikko G Nibs atau Zebra G Nibs. Sentuhan terakhir diperlukan adalah tinta untuk celupan pulpen kaligrafi seperti Dr. Ph. Martin’s Iridescent Calligraphy Ink.

Kondisi pandemi saat ini tidak akan memungkinkan bagimu untuk mencari jasa private sehingga kamu bisa mempelajari berbagai teknik seni menulis melalui YouTube atau mencetak lembaran kertas untuk berlatih sendiri dari Pinterest.

Kata kunci mungkin akan membantumu dalam pencarian adalah 'Brush Lettering', 'Lettering', 'Calligraphy', dan 'Calligraphy Fluorishing'. Cara ini akan membantumu untuk belajar lebih cepat dan mendapatkan banyak inspirasi.

Sebenarnya mempelajari seni menulis tidaklah sulit, hanya saja diperlukan latihan secara berkala dan tentunya konsistensi untuk menekuninya. Cara lainnya agar kamu bisa menguasai seni ini dengan cepat mengeksplorasi laman instagrammu dan mengikuti seniman-seniman menekuni seni menulis ini.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak teknik-teknik menarik bisa dicoba. Banyak berlatih adalah salah satu cara paling efektif karena seni ini sangat mudah untuk dipelajari tetapi sulit untuk berkembang tanpa adanya latihan.

Belajar Seni Menulis Kala Gabut Libur Sekolah Akibat Pandemi
Seni menulis indah bermanfaat bagi kesehatan mental. (Foto: MP/Chrestella)

Mempelajari seni menulis tentunya tidak hanya berguna untuk megisi waktu kosong kita, tetapi juga mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan mental.

Seni menulis mengatur pikiran kita sehingga memiliki kesibukan membuat otak terfokus pada suatu hal. Hal ini membuat kamu sering merasa bosan dan jenuh bisa melupakan semua pikiran negatif dan hanya terfokus pada gerakan tangan di atas kertas.

Seni menulis juga melatih kesabaran dirimu dalam mengendalikan tenaga haru dikeluarkan untuk membuat tebal tipisnya sebuah tulisan. Selain itu, kamu juga bisa melatih emosi dan kemampuan motorik serta kelenturan tangan dengan mempelajari lettering. (Tel)

Baca juga:

Belajar Stimulasi Bayi di Rumah Aja, Cara Orang Tua Muda Ngilmu di Negeri

Anabul tak Suka Sama Kamu? Ini 4 Tandanya
Fun
4 Cara Anjing Tunjukkan Cintanya Kepadamu
Anabul tak Suka Sama Kamu? Ini 4 Tandanya
Fun
4 Cara Anjing Tunjukkan Cintanya Kepadamu
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Serangan Migrain Meningkat di Masa Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Serangan Migrain Meningkat di Masa Pandemi

Ada peningkatan dramatis 70 persen.

Katy Perry Incar Duet dengan BLACKPINK
ShowBiz
Katy Perry Incar Duet dengan BLACKPINK

Tinggal tunggu waktu kapan mereka bertemu.

Demensia Mengintai Orang Ompong
Fun
Demensia Mengintai Orang Ompong

Kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting untuk jangka panjang.

Ketika Pandemi Mengubah Gaya Rambut
Fashion
Ketika Pandemi Mengubah Gaya Rambut

Dari potongan rambut seadanya sampai pasrah gondrong tak beraturan.

‘Last Day On Earth’ Jadi Single Perdana Beabadoobee di 2021
ShowBiz
‘Last Day On Earth’ Jadi Single Perdana Beabadoobee di 2021

Beabadoobee memperkenalkan EP baru dengan merilis sebuah single bertajuk Last Day On Earth

Edukasi Anak Laki-laki untuk Cegah Pelecehan Seksual
Hiburan & Gaya Hidup
Edukasi Anak Laki-laki untuk Cegah Pelecehan Seksual

Fokus dan perhatian khusus perlu diarahkan kepada anak laki-laki kita.

James Wan Ungkap 'Aquaman 2' Terinspirasi Film Lawas
ShowBiz
James Wan Ungkap 'Aquaman 2' Terinspirasi Film Lawas

Film horor Planet of the Vampires jadi muse James Wan.

Menikmati Nyepi tanpa Mati Gaya
Hiburan & Gaya Hidup
Menikmati Nyepi tanpa Mati Gaya

Umat Hindu di Indonesia akan menekan tombol 'pause' selama 24 jam.

BTS Rilis Teaser 'Butter', Band Legendaris Queen Beri Dukungan
ShowBiz
BTS Rilis Teaser 'Butter', Band Legendaris Queen Beri Dukungan

Lagu Butter BTS mirip dengan Another One Bites The Dust milik band rock legendaris Queen.

Cara Ampuh Mengusir Semut
Fun
Cara Ampuh Mengusir Semut

Semut menjadi masalah ketika merubung makanan.