Belajar Sambil Bermain di Perpustakaan Daerah Cikini Anak-anak sedang bermain sambil belajar di Perpustakaan Daerah Cikini, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. (Foto: MP/Muchammad Yani)

MerahPutih Megapolitan - Kemauan membaca memang perlu dididik sejak usia dini. Dengan membaca, kita akan tahu mengenai berbagai informasi dari belahan dunia ini. Tak heran ada pepatah yang mengatakan, "buku adalah jendela dunia".

Nah, bagi yang ingin mendidik anak agar memiliki minat baca, tak ada salahnya datang ke Perpustakaan Daerah Cikini. Di lantai dua, pemerintah daerah sengaja menyediakan ruang baca khusus untuk anak-anak.

Terdapat lebih dari 3.000 buku yang bisa dibaca oleh anak-anak. Jika ingin meminjam buku, para orang tua hanya perlu menjadi anggota dengan syarat memiliki KTP DKI Jakarta.

Bukan hanya itu, selain mengajarkan anak membaca, di sana kita juga bisa mengajak sang anak untuk bermain di playgroud yang telah disediakan. Terdapat ratusan permainan anak-anak yang bisa dimainkan secara gratis. Namun, terdapat persyaratan khusus untuk bisa bermain di sana. Pasalnya, ruang playground hanya boleh dimainkan untuk anak usia maksimal 5 tahun atau tinggi maksimal 110 cm.

Playground dibuka menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan sesi kedua dibuka pada pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Perpustakaan Daerah Cikini atau Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta terletak di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Letaknya persis disebelah Planetarium Jakarta. Perpustakaan ini dibuka untuk umum. Hanya saja, jika tidak memiliki KTP DKI Jakarta, kita hanya boleh membaca buku di sana. (yni)


BACA JUGA:

  1. Kedai Nusantara Sushi Siapkan Perpustakaan Kecil
  2. Perpustakaan Rp72 Miliar Resmi Dibuka di Yogyakarta
  3. Kata Warga Soal Perpustakaan DPR
  4. Jarang Berkunjung, DPR Ingin Bangun Perpus Sejuta Buku
  5. NASA Luncurkan Perpustakaan Foto


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH