Relationship
Belajar Peliknya Hubungan Suami-Istri dari Serial 'Sex/Life' Banyak pelajaran berumah tangga yang bisa dipelajari dari serial Sex/Life. (Foto_ Instagram_ @sexlifenettflix)

SERIAL Netflix Sex/Life membuat warganet heboh. Tak hanya karena menampilkan adegan hubungan intim tanpa sensor, serial Sex/Life juga menunjukkan ironi kehidupan rumah tangga yang masih dihantui masa lalu salah satu pasangan. Meskipun kehidupan pernikahan seseorang terlihat ideal dan baik-baik saja, tidak ada yang pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam dapur rumah tangga mereka.

Sex/Life menceritakan kehidupan dari Billie Conelly (Sarah Shahi) yang menjadi ibu rumah tangga dari dua orang anak. Suaminya, Cooper Conelly (Mike Vogel) merupakan suami ideal yang setia, sayang anak, dan pekerja keras. Awalnya keluarga ini terlihat begitu sempurna, apalagi para tetangga dan sahabat-sahabat sampai iri hati melihat rumah tangga Billie dan Cooper berjalan baik-baik saja ditambah kondisi finansial mereka yang sangat mumpuni.

BACA JUGA:

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Rekening Bersama dengan Pasangan

Keadaan berbalik ketika Brad Simon (Adam Demos), mantan kekasih Billie hadir kembali membawa kenangan masa lalu yang penuh dengan gairah seks. Billie merasakan kehampaan yang luar biasa setelah berkeluarga. Karena ternyata Cooper lebih memilih memenuhi kebahagiaan anak-anaknya dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan batin sang istri.

Kenyataan bahwa kehidupan seks Billie dan sang mantan kekasih yang jauh lebih menggelora daripada dengan suaminya membuat Billie semakin depresi. Akhirnya Billie mulai menulis jurnal berisi detail kehidupan seksnya dengan Brad. Namun, Cooper diam-diam membaca jurnal tersebut di belakang Billie.

Setelah membaca jurnal tersebut, Cooper justru ingin memperbaiki kehidupan seksnya dengan Billie. Namun, lama-lama dirinya merasa kecewa karena Billie menulis jurnal tersebut bukan hanya untuk mengenang masa lalu melainkan menuangkan percikan cinta yang ternyata masih ada untuk mantannya tersebut.

Billie semakin menyakiti hati Cooper karena tak bisa berhenti menyelinap untuk bertemu Brad. Namun, Cooper tetap memberikan kesempatan untuk Billie memperbaiki keadaan. Rumah tangga mereka akhirnya kembali seperti semula karena Billie berusaha fokus hanya kepada keluarganya. Cooper mulai lebih memerhatikan Billie, mereka pun terlihat semakin bahagia dengan anak-anaknya. Namun, siapa sangka? Serial Sex/Life diakhiri dengan Billie yang goyah dan kembali menemui Brad.

Terlepas dari adegan panas dan kontroversi di balik serial ini, kita bisa memetik beberapa pelajaran penting mengenai peliknya hubungan suami dan istri.

1. Selesaikan masa lalu sebelum menikah

mantan
Luruskan masalah dengan mantan sebelum menikah. (Foto_ Pixabay_ geralt)

Putus cinta sudah pasti menyayat hati. Baik itu putus secara baik-baik mau pun penuh amarah. Masa lalu selalu menyimpan keganjalan hati jika kedua pasangan tidak bisa akur dan ikhlas memaafkan satu sama lain. Sebaiknya sebelum menikah, kamu bertemu dengan mantan untuk meminta maaf jika ada salah. Luruskan juga masalah dan kesalahpahaman yang terjadi hingga membuat kamu dan doi putus. Jika masalah sudah selesai, dijamin deh kamu tidak akan mengingat-ingat kembali masa lalu yang telah kandas.

Di dalam serial ini, Billie putus dengan Brad dalam kondisi buruk. Keduanya sebenarnya saling cinta dan memiliki potensi untuk membawa hubungan tersebut ke jenjang pernikahan. Tetapi sayangnya ego dalam diri Billie dan Brad masih sangat tinggi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi. Mereka pun gagal mempertahankan hubungan tersebut dan memilih berpisah dalam kondisi marah.

2. Bertemu mantan hanya akan merusak rumah tangga

pasangan
Jangan menimbulkan masalah baru dengan bertemu mantan diam-diam. (Foto_ Pixabay_ sasint)

Meskipun sudah saling memaafkan dan kembali akur, bukan berarti kamu bisa leluasa bertemu dengan mantan seperti layaknya seorang teman. Biar bagaimana pun juga pernah ada cinta di antara kamu dan mantan sehingga sebaiknya menghindari pertemuan. Bertemu lagi dengan mantan hanya akan membuat dirimu gagal move on dan menumbuhkan kembali benih-benih cinta yang pernah ada. Seperti di serial Sex/Life, Billie yang telah memiliki keluarga yang sempurna saja bisa jatuh cinta lagi kepada sang mantan hanya karena sesekali bertemu diam-diam. Kacau!

3. Rumah tangga tak selalu manis

rumah tangga
Ada begitu banyak kerikil rumah tangga yang akan dilalui pasangan suami istri. (Foto_ Pixabay_ StockSnap)

Sex/Life ingin memberikan pesan bahwa menikah merupakan keputusan besar yang harus melalui banyak pertimbangan. Karena ada begitu banyak kerikil rumah tangga yang akan dilalui, pastikan kamu memilih pasangan yang tepat untuk dijadikan teman seumur hidup. Seperti dilansir Hauterrfly.com, salah satu permasalahan yang umum terjadi dalam rumah tangga adalah intentitas berhubungan intim. Serial ini membeberkan secara nyata bagaimana kehidupan rumah tangga akan berubah drastis setelah kehadiran sang buah hati. Umumnya pasangan suami istri hanya fokus kepada anak sampai melupakan kebahagiaan satu sama lain. Billie dan Cooper pada akhirnya hanya “sekadar” memenuhi nafsu saja bukan lagi menikmati keintiman ketika sedang berhubungan seksual. Bahkan ketika Billie belum merasa puas, Cooper dengan santai meninggalkannya begitu saja.

Sebelum menikah ada baiknya kamu dan pasangan saling mengenal lebih dalam. Kamu harus tahu apa yang pasangan sukai dan tidak sukai, begitu pun sebaliknya. Calon pasangan suami istri juga harus banyak mengikuti persiapan pra-nikah untuk mempelajari seluk beluk pernikahan dari orang yang sudah jauh lebih berpengalaman.

4. Anak selalu menjadi korban

orangtua
Perlakuan orangtua sangat memengaruhi kesehatan mental anak. (Foto_ Pixabay_ 4144132)

Menjadi pasangan suami istri saja sudah sulit, apalagi menjadi orangtua. Apa pun masalah yang terjadi di antara kedua orangtua akan selalu memengaruhi kondisi psikologis anak. Broken home tak melulu soal perceraian. Kamu mungkin bisa memaafkan perselingkuhan pasanganmu, tetapi belum tentu anak bisa melakukan hal yang sama. Biar bagaimana pun juga orangtua memegang penuh tanggung jawab terhadap kesejahteraan anak baik dalam hal finansial mau pun kesehatan mental.(Mar)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pandemi Jadi Momentum Tepat untuk Ajukan Jamu Sebagai WBTB UNESCO
Fun
Pandemi Jadi Momentum Tepat untuk Ajukan Jamu Sebagai WBTB UNESCO

Jamu untuk warisan budaya tak benda (WBTB) UNESCO.

LEGO Foundation Gelar Kompetisi Global untuk Perkembangan Generasi Muda
Fun
LEGO Foundation Gelar Kompetisi Global untuk Perkembangan Generasi Muda

LEGO Foundation mengumumkan hadiah Rp 2 triliun untuk kompetisi.

Christien Ellen Chen Tampil Percaya Diri di Final IBrC 2022 
Fun
Christien Ellen Chen Tampil Percaya Diri di Final IBrC 2022 

Christien Ellen Chen dari Nordic Coffee menjadi brewer pertama yang tampil di final IBrC 2022.

Agar Anak tak Jadi Korban Pelecehan atau Perundungan
Hiburan & Gaya Hidup
Agar Anak tak Jadi Korban Pelecehan atau Perundungan

Ada sejumlah tahapan yang perlu dilakukan orangtua untuk mengantisipasi tindak kekerasan terjadi pada anak.

Manisnya Koleksi Fashion Ibu dan Anak di Jakarta Fashion Week 2023
Fashion
Warren Hue Rilis Single 'Handsome', Sindir Gaya Hidup Palsu
ShowBiz
Warren Hue Rilis Single 'Handsome', Sindir Gaya Hidup Palsu

'Handsome' bagian dari album terbarunya.

Fireboy DML dan Ed Sheeran Berkolaborasi untuk Single 'Peru' Versi Remix
ShowBiz
Fireboy DML dan Ed Sheeran Berkolaborasi untuk Single 'Peru' Versi Remix

Versi asli Peru telah menjadi nomor yang berhasil menduduki chart Afrobeat di berbagai negara.

Curhatan Jackie Chan Tentang Karier hingga Bermusik
ShowBiz
Curhatan Jackie Chan Tentang Karier hingga Bermusik

Jackie Chan menjadi salah satu aktor film laga populer di dunia.

Apa itu Infeksi Ginjal? Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya
Fun
Apa itu Infeksi Ginjal? Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Hindari kebiasaan menahan buang air kecil, guna mencegah pertumbuhan bakteri pada saluran atau kandung kemih

'Wijayakusuma', Album Perdana Berbahasa Indonesia dari Ardhito Pramono
ShowBiz
'Wijayakusuma', Album Perdana Berbahasa Indonesia dari Ardhito Pramono

Ardhito melahirkan karya dengan sentuhan Indonesia sebagai dasar utamanya.