Belajar Meracik Kopi Ada pelatihan kopi (Foto: Pixabay/sonerkose)

SEJAK dulu, kopi menjadi salah satu minuman favorit, termasuk di Indonesia. Menariknya tren minum kopi semakin meningkat. Kopi bukan lagi diperuntukan bagi orang tua saja, kalangan remaja pun turut menikmatinya. Minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup dan mampu menunjukan status sosial seseorang.

Selain itu, tujuan seseorang minum kopi juga berbeda-beda. Ada yang hanya sebagai alat penghilang rasa kantuk, mengikuti tren, hingga menjadi media untuk nongkrong. Hal ini pun memicu pertumbuhan bisnis kopi. Banyak kedai kopi bermunculan dengan konsepnya masing-masing.

Baca juga:

4 Cara Alami Turunkan Kolesterol setelah Musim Liburan

Melihat semakin tingginya minat terhadap kopi, Wisnu Albaihaqi, Director Kisah Kopi ingin mengenalkan beberapa pengetahuan tentang kopi ke masyarakat Iindonesia. Salah satunya dengan cara Re-launching kembali Kisah Kopi di tahun 2020.

Ada pelatihan kopi (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Ada pelatihan kopi (Foto: Pixabay/Free-Photos)

“Ya, saya melihat dari tingginya minat masyarakat untuk minum kopi, apalagi sekarang sudah banyak orang yang mau menjadi pebisnis kopi, tak hanya jadi peminum,” tutur Wisnu melalui siaran pers yang diterima Merahputih.com, Rabu (1/1).

Wisnu akan mengadakan pelatihan pembuatan kopi bernama Barista Academy. Nantinya setelah lulus, para peserta diharapkan bisa menjadi barista yang mahir dalam meracik kopi. Oleh karena itu, pelatihan juga diajarkan mulai dari pengetahuan dasar yakni Basic Coffee Knowledge, Manual Brewing Knowledge, sampai Late Art.

Baca juga:

Ternyata Air Juga Mempengaruhi Rasa Kopi

Menariknya, pelatihan tersebut menggunakan konsep cozy dan intimate. Hal ini akan membuat para peserta merasakan sendiri sensasi meracik kopi yang nikmat. Bukan hanya itu saja, konsep coffee trip juga diterapkan.

"Jadi peserta akan diajak ke kebun kopi untuk melihat sendiri secara langsung, proses dari penanaman sampai panen, pasca panen, sampai keroaster,” tutur Wisnu.

Chocolate Mint salah satu andalah Kisah Kopi (Foto: Ist)
Caption

“Setelah mempelajari cara bikin kopi, tempat kami juga menawarkan cara membuka bisnis kopi, dipelatihan yang dinamakan Being Coffee Preneurs,” lanjutnya.

Di lain sisi Kisah kopi menjadi salah satu tempat nongkrong yang asik. Beberapa menu seperti Live Bobba, Red Velvet, Chocolate Mint, Thai Brown Tea, Ayah Man dan Café Late andalannya. Selain itu dari laman kisahkopi.net, kedai ini juga memiliki menu Barita Experience. Yakni pelanggan bisa membuat kopinya sendiri.

"Lalu ada, Indonesia Experience, yang menggunakan bij ikopi ternama, berikutnya, Most Wanted Beans menggunakan biji kopi yang paling dicari dan limited, dan terakhir, Cold Brew Brother, yaitu Minuman dalam botol dengan biji kopi pilihan yang cocok untuk coldbrew”, tutup Wisnu.

Baca juga:

Asal Usul Kopi Joss Khas Yogyakarta


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH