Belajar Menjaga Hubungan dengan Lingkungan Sekitar Lewat Game 'Mutazione' Game yang memiliki makna mendalam soal menjaga hubungan (Foto: YouTube/Akupara Games)

MEDIA pop-culture tak selalu terbatas sebagai hiburan saja. Akan tetapi hal tersebut juga dapat menjadi wadah untuk menyampaikan pesan penting kepada penikmatnya. Nampaknya hal tersebut yang diinginkan oleh sebuah pengembang game bernama Akupara games. Mereka membuat video game berjudul Mutazione.

Game ini menceritakan seorang gadis remaja bernama Kai, yang melakukan perjalanan ke sebuah pulau terpencil untuk menjenguk kakeknya setelah menerima surat bahwa beliau sedang sekarat. Ternyata, pulau tempat kakeknya tinggal berbeda dari tempat-tempat lainnya. Semua flora dan fauna, bahkan penduduk pulau tersebut berubah menjadi mutan akibat sebuah meteor yang jatuh di dekat pulau tersebut.

Baca juga:

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif

Lambat laun Kai mulai tahu bahwa kakeknya adalah dukun di pulau tersebut. Kakeknya adalah orang yang bertugas menjaga keseimbangan pulau tersebut. Kai kemudian sadar bahwa kakeknya berusaha mewariskan tugas tersebut kepadanya.

Game ini memang berfokus kepada percakapan dan teka teki di seputar pulau tersebut. Pemain akan bermain sebagai Kai. Memiliki kebebasan untuk menggantikan tugas kakeknya atau tidak. Tugas-tugas tersebut meliputi menanam dan merawat tumbuhan di sekitar pulau dan bercakap-cakap dengan penduduk pulau.

Belajar Menjaga Hubungan dengan Lingkungan Sekitar Lewat Game 'Mutazione'
Aspek bercocok tanam pun dihubungkan dengan makna yang dikandung game ini (Foto: YouTube/Akupara Games)

Aspek yang membuat game ini menarik justru terletak di percakapan Kai dengan penduduk desa. Awalnya percakapan tersebut terkesan biasa saja dan pemain bahkan bisa melewatkan percakapan tersebut. Lama-kelamaan, topik percakapan Kai dengan penduduk pulau semakin intens. Entah itu masalah cinta bertepuk sebelah tangan, trauma yang dimiliki penduduk pulau atau berbagai kenangan yang mereka ingin pendam dalam-dalam ceritanya.

Percakapan-percakapan tersebut lah yang nantinya menjadi titik penting perkembangan cerita game ini. Lewat percakapan itu, pemain dapat mengerti apa yang sebenarnya terjadi dengan pulau tempat kakeknya tinggal. Bagaimana cerita tiap penduduk pun berhubungan dengan penduduk pulau lainnya.

Baca juga:

Sony Resmi Rilis PlayStation 5 untuk 2020

Aspek bercocok tanam di game ini seakan menjadi kiasan inti game ini sebenarnya. Sama seperti tumbuhan di sekitar pulau yang sebelumnya tidak terawat, begitu pula cerita para penduduk pulau yang tidak terdengar.

Begitu tanaman-tanaman tersebut mendapat perawatan yang tepat, mereka tumbuh menjadi besar dan sehat. Begitu juga dengan kondisi para penduduk desa setelah bercakap dengan Kai. Percakapan-percakapan yang Kai buat akhirnya membuat komunitas pulau tersebut menjadi kuat dan sehat.

Belajar Menjaga Hubungan dengan Lingkungan Sekitar Lewat Game 'Mutazione'
Menjaga hubungan dengan orang terdekat adalah hal terpenting untuk dilakukan (Foto: Pixabay/Anemone123)

Game Mutazione ini mengajarkan kepada kita bagaimana pentingnya untuk menjaga hubungan baik dengan lingkungan di sekitar kita. Terlebih di jaman modern ini. Era dimana perangkat yang kita punya memang bisa mendekatkan kita dengan yang jauh. Tapi kadang justru menjauhkan kita dari orang terdekat kita.

Komunikasi sangat penting untuk menjaga keutuhan dan hubungan kita dengan orang terdekat kita. Orang-orang terdekat kita lah yang mampu membantu kita ketika dalam masalah. Begitu juga sebaliknya. Ketika mereka dalam masalah, sudah menjadi tugas kita untuk menolong mereka. (Sep)

Baca juga:

Sambut Halloween, Apex Legends Siapkan Segudang Konten Baru


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya