Belajar Memadukan Budaya dan Cerita di Walt Disney Masterclass Animation Storytelling 

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 14 Juni 2022
Belajar Memadukan Budaya dan Cerita di Walt Disney Masterclass Animation Storytelling 
THE Walt Disney Company bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat hadirkan Masterclass animasi Mira, Royal Detective. (foto: Hotstar)

THE Walt Disney Company bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia menyelenggarakan Masterclass untuk para animator, kreator, dan pelajar kreatif di seluruh Indonesia. Masterclass ini bertujuan memberikan referensi inspiratif bagi para animator dan pelajar Indonesia dalam storytelling dan konten animasi yang tajam.

“Masterclass ini selebrasi dari budaya dan orang-orang yang mengilhami serial pertama di Disney Junior yang menampilkan protagonis Asia Selatan," ujar Produser Eksekutif Sascha Paladino dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6).

BACA JUGA:

Gara-Gara Adegan Ciuman, 'Lightyear' Ditolak 14 Negara

Ia menjelaskan kelas tersebut akan membagikan pengalaman perjalanan kreatif di balik pembuatan serial animasi Mira, Royal Detective. Selain itu, kelas ini juga akan menjelaskan bagaimana peneliti, konsultan, serta pengalaman pribadi para kreator berperan penting dalam pembuatan serial animasi tersebut.

Serial Mira, Royal Detective yang tayang perdana pada 2021 menjadi tema utama Masterclass, karena memiliki relevansi yang besar bagi peserta yang disasar di Indonesia. Terutama terkait dengan salah satu episodenya yang menggambarkan cerita Idul Fitri. Episode itu ditayangkan bertepatan dengan perayaan hari raya terbesar bagi umat Islam tersebut.

Mira, Royal Detective masterclass

Merupakan kegiatan Masterclass keempat yang diselenggarakan The Walt Disney Company. (foto dok walt disney)

“Sebagai seorang muslim, merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk membantu membuat representasi muslim di dalam serial ini. Saya bisa menggambarkan perayaan Idul Fitri secara autentik di salah satu episodenya," jelas Rhonda Ragab yang memberikan konsultasi tentang referensi budaya muslim yang ditampilkan dalam episode tersebut.

Ia berharap agar episode The Eid Mystery dapat menjadi representasi yang lebih autentik di media serta meningkatkan pemahaman tentang tradisi dan kebiasaan muslim nan indah di dunia.

Di samping relevansi sebuah serial bagi penonton sangat dipengaruhi jalan cerita, tim kreatif Mira, Royal Detective meyakini elemen musik yang magis tidak hanya menentukan cerita, tapi juga menciptakan kesan mendalam bagi penonton.

Alat musik tradisional asal India dengan indah menyatu di dalam elemen suara dan musik asli serial ini, dan beberapa musisi muslim bahkan bekerja sama dalam penciptaan musik di episode The Eid Mystery.

BACA JUGA:

'Marvel's Midnight Suns' Hadirkan Spider-Man dan Venom untuk Oktober 2022

“Waktu itu saya benar-benar tidak sabar untuk membawa kedalaman, kompleksitas dan keseruan musik Asia Selatan ke dalam panggung storytelling Disney yang luar biasa. Berbeda dari kolaborasi yang pernah saya lakukan, dalam pengalaman saya mengerjakan episode ini, saya tergugah terus untuk menggali musiknya lebih dalam lagi, seperti musik Qawwali yang menjadi fokus kami di episode Idul Fitri,” jelas salah seorang pembicara di ajang itu, Amritha.

Dihadiri peserta dari berbagai kota di Indonesia, Mira, Royal Detective Storytelling Masterclass merupakan kegiatan Masterclass keempat yang diselenggarakan The Walt Disney Company. Ajang ini yang bertujuan membantu mengembangkan kemampuan para komunitas kreatif di Indonesia di bidang animasi.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan referensi inspiratif bagi kreator profesional dan pelajar Indonesia di bidang kreatif agar dapat menciptakan storytelling dan konten animasi yang tajam.

“Amerika Serikat sangat memandang penting industri ekonomi kreatif Indonesia, yang merupakan sumber inovasi dan kemakmuran yang luar biasa. Atas dasar pandangan tersebut, Kedutaan Besar Amerika Serikat berkolaborasi dengan The Walt Disney Company menyelenggarakan Masterclass ini dan memberikan pengetahuan tentang cara menampilkan budaya secara autentik melalui animasi dan storytelling," ucap Jonathan Alan selaku Konsul Jenderal di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

"Kami sangat berharap Masterclass ini memberikan manfaat bagi para peserta ketika mereka membuat konten dan produksi yang menampilkan lokal Indonesia. Harapan kami juga Masterclass menjadi wadah untuk bertukar ide kreatif antarkedua negara," pungkasnya.(DGS)

BACA JUGA:

Sebar Inspirasi Positif, Gen Aktif Gandeng Natya Shina

#Gaya Hidup #Animasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan