Pesona Sumatera Selatan

Belajar Filosofi Kehidupan di Taman Batu Organik

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 01 Agustus 2018
Belajar Filosofi Kehidupan di Taman Batu Organik
Taman batu yang disusun dengan estetika. (Foto: Instagram@ivone_suryani)

ADA satu tempat di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan yang menjadi incaran para muda mudi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Bernama Taman Batu Organik, destinasi tersebut memadukan unsur alam dan nilai seni.

Sekitar 80 persen batu-batu disusun sedemikian rupa tanpa perekat atau tali. Di setiap tumpukan batu ditanami berbagai tumbuhan seperti bunga atauh buah-buahan sehingga membuatnya terkesan alami.

Instagram/wabbern_
Destinasi wisata yang instagramable. (Foto: Instagram@wabbern_)

Sebenarnya Taman Batu Organik ini milik seorang bernama Pak Damsi. Berdasarkan berbagai sumber pria yang merupakan lulusan ISI Yogjakarta itu sudah menyusun bebatuan sejak 1980-an.

Awalnya Pak Dasmi melakukan pekerjaannya sendiri dengan alat tradisional seperti cangkul, linggis dan parang. Namun kini ia sudah memiliki beberapa murid dan asisten untuk merawat taman tersebut.

Belajar filosofi kehidupan

Instagram/mwirajk
Taman batu yang penuh filosofi. (Foto: Instagram@mwirajk)

Selain menjadi spot foto menarik, Taman Batu Organik juga mengajarkan kita tentang arti kehidupan. Batu-batu yang disusun rapi itu seakan ingin menunjukan kalau masing-masing memiliki pasangan.

Tak hanya itu saja, tak mudah menemukan batu yang berjodoh sehingga dibutuhkan ketekunan dan kesabaran. Begitu pula dalam kehidupan, jika kita melakukan sesuatu dengan sabar dan tekun maka apa yang diinginkan bisa terwujud.

Baca juga: Masjid Cheng Ho Palembang, Masjid dengan Arsitektir Tionghoa

Baca juga: Pulau Kemaro dan Legenda Cinta Putri Siti Fatimah

Baca juga: Pasar Baba Boen Tjit, Destinasi nan Instragamble di Tepi Sungai Musi

Ada aturan tak tertulis di sana. Layaknya bertamu ke rumah orang lain, kita harus melepaskan alas kaki ketika berkunjung ke Taman Batu Organik. Kamu bisa belajar lebih dalam mengenai filosofi kehidupan dengan Pak Dasmi.

Akses ke Taman Batu Organik

Instagram/ivone_suryani
Destinasi wisata alternatif di Sumatera Selatan. (Foto: Instagram@ivone_suryani)

Terletak di Desa Bandu Agung, Kecamatan Muara Payang, Taman Batu organik bisa dicapai menggunakan kereta dari Stasiun Kertapati Palembang menuju Stasiun Lahat. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju kendaraan roda dua atau empat.

Dari Desa Bandu Agung kamu harus berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit melewati jalan setapak perkebunan kopi. Sat musik hujan memang agak becek, namun bagi pelancong sejati hal itu bukanlah menjadi halangan. (yani)

#Pesona Sumatera Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan