Belajar Daring di Tengah Pandemi, 1.500 Siswa Miskin Solo Diberi Smartphone Gratis Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati, menyerahkan bantun smartphone pada siswa kurang mampu, Minggu (30/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 1.500 siswa kurang mampu di Solo mendapatkan hantuan berupa smartphone gratis. Bantuan smartphone tersebut untuk memudahkan siswa untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berikan smartphone gratis bagi siswa berstatus warga miskin khusus siswa yang bersekolah tingkat SD dan SMP," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Minggu (30/8).

Baca Juga:

Maju di Pilwalkot Solo, Kelompok Menengah Atas Persoalkan Gibran Bagian Dinasti Politik

Pemberian smartphone gratis ini, kata Rudy, didasari dari adanya keluhan dan masukan dari siswa agar Pemkot memberikan bantuan smartphone bagi siswa miskin Solo akibat penerapan PJJ di tengah pandemi. Siswa kurang mampu tidak bisa maksimal belajar daring karena keterbatasan fasilitas.

"Tidak semua siswa miskin punya fasilitas smartphone untuk belajar daring. Kasihan mereka, kita berikan smartphone gratis," kata Rudy.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

Politikus PDIP ini berharap bantuan gawai tersebut hanya digunakan sebagai sarana pendukung belajar siswa yang kurang mampu sehingga tidak ketinggalan dalam pembelajaran secara daring. Siswa yang mendapatkan bantuan ini juga harus benar-benar bisa menjaga ponsel dengan baik.

"Gunakan bantuan smartphone gratis sebaik mungkin untuk belajar. Jangan digunakan untuk bermain medsos atau chating yang tidak bermanfaat," kata dia.

Baca Juga:

Kepala BNPT Turun Langsung Tanggulangi Radikalisme di Solo

Rudy menjelaskan, pengadaan ribuan smartphone ini bersumber dari dana corporate social responsibility (CSR) dari sejumlah pihak yang peduli pembangunan dan pelayanan masyarakat d Solo.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati menambahkan, pendistribusian 1.500 unit smartphone ini ditargetkan akan selesai sampai Oktober tahun ini. Pendataan penerima bantuan ini telah dilakukan sejak sebulan lalu.

"Sebanyak 1.500 smartphone ini diperuntukan bagi siswa di 27 sekolah negeri dan 49 sekolah swasta di Solo. Kami juga berikan bantuan kuota internet sebanyak 45 GB," tutup Etty. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Eks Kakorlantas Djoko Susilo Kalah Gugatan, Rumah Hasil Korupsi Diubah Museum Batik Solo


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH