Belajar dari Kasus Jaimerson, Persija Pagari Xandao CEO Persija Ferry Paulus. (Antaranews)

MerahPutih.com - Persija Jakarta memagari bek asing barunya, Alexandre "Xandao" Luiz Reame, dengan perjanjian prakontrak tambahan demi mencegah berulangnya pengalaman buruk bek Brasil Jaimerson da Silva Xavier.

Bek asal Brasil itu dikontrak hingga Shopee Liga 1 musim 2019/20 berakhir namun disertai klausul tambahan perpanjangan yang mencegahnya pindah ke klub lain.

Baca Juga:

Persib Siap Turunkan Tiga Amunisi Barunya saat Jamu PSS Sleman

"Berbeda dengan Jaimerson lalu, kini kami sudah ada hitam di atas putih untuk kesepakatan perpanjangan nantinya. Sudah ada gentlement agreement," kata CEO Persija Ferry Paulus dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat (30/8) malam.

Alexandre "Xandao" Luiz Reame. (Antaranews)
Alexandre "Xandao" Luiz Reame. (Antaranews)

Selain memagari Xandao dengan perjanjian prakontrak, Ferry juga mengaku sedikit tenang dengan karakter bek jebolan akademi Guarani itu yang disebutnya cuma tertarik main di Indonesia untuk tim besar.

"Dia punya reputasi yang lebih besar dan cuma mau bermain di klub besar di Indonesia, salah satunya Persija," ujarnya.

Jaimerson menjadi bagian penting dari keberhasilan Persija menjuarai Liga 1 2018/19, namun kemudian ia "dicuri" oleh Madura United FC dalam bursa transfer.

Walhasil, Persija kesulitan mencari penggantinya termasuk Steven Paulle yang akhirnya diputus kontrak jelang tengah musim karena cedera yang membekap dan sejak didatangkan hanya main empat pertandingan.

Ferry meyakini Xandao menjadi pilihan tepat untuk menggantikan peran penting Jaimerson bukan saja di lini pertahanan Persija, tetapi juga membantu dalam situasi menyerang.

Meski demikian, ia mengakui ada sedikit perbedaan karakter dari Xandao dibandingkan Jaimerson yang dulu dikenal banyak membantu Persija meraih gol lewat tendangan-tendangan kerasnya.

Baca Juga:

Asprov PSSI dan Klub se-Kalimantan Deklarasi Dukung Iwan Bule

"Xandao ini punya tinggi badan 193 centimeter, cukup di atas rata-rata bek yang ada. Bola-bola udara bakal jadi keunggulannya dan dia juga pintar mencari posisi," ujarnya.

Oleh karena itu pula, Ferry meyakini Xandao bakal bisa membantu mengentaskan Persija dari papan bawah klasemen.

Persija saat ini berada di bibir jurang degradasi dan menempati peringkat ke-15 klasemen dengan koleksi 14 poin saja.

Hasil terakhir tim besutan Julio Banuelos itu berupa imbang 0-0 saat menjamu PSM Makassar pada Rabu (28/8) dalam pembukaan rangkaian enam laga kandang.

Selanjutnya, Persija bakal menjamu Perseru Badak Lampung dalam lanjutan pekan ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (1/9). (*)

Baca Juga:

Indonesia Kandidat Tunggal Tuan Rumah Piala Dunia U-20 dari ASEAN


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH