Belajar Budaya Jepang dalam Acara 'Seni dalam Lintas Budaya Indonesia-Jepang' Lintas seni budaya Indonesia-Jepang merupakan bagian dari pemahaman masing-masing budaya. (Foto: Unsplash/wang xi)

PECINTA budaya Jepang, apakah kamu mau kepoin semua hal tentang budaya Jepang? Kamu wajib datang ke acara ini. Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, akan menghelat kegiatan diskusi, workshop dan pertunjukan seni dengan tema Seni dalam Lintas Budaya Indonesia-Jepang.

Kegiatan ini bakal diselenggarakan pada hari Rabu, 20 November 2019 mulai pukul 08.30-15.30 WIB di auditorium Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Kampus baru UI Depok.

Baca Juga:

Bisa Bahasa Jepang Bikin Kamu Gampang Cari Kerja

Kegiatan Jepang-Indonesia di Universitas Indonesia
Kegiatan Jepang-Indonesia di Universitas Indonesia. (Foto: ist)

Menurut berita pers yang diterima merahputih.com, kegiatan ini akan menghadiri dua narasumber yang kompeten di bidang masing-masing. Mereka ialah Ratna Riantiano (pendiri teater Koma), Saras Dewi (dosen Departemen Filsafat FIB UI) serta dua kelompok kesenian JJC Balinese Gamelan Club dan U-maku Eisa Shinka Indonesia.

Acara tersebut bakal dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pagi kegiatan akan diawali dengan diskusi bersama Ratna Riantiarno dan Saras Dewi mengenai hakekat berkesenian dan seni yang menembus batas-batas perbedaan.

Masih di sesi pagi juga, anggota JJC Balinese Gamelan Club dan U-maku Eisa Shinka Indonesia akan berbagi pengalaman mereka mengenai ketertarikan mereka memperlajari seni budaya dari Indonesia maupun Jepang. Mereka juga akan menjelaskan mengapa pengalaman berkesenian itu membuat mereka menjadi semakin memahami budaya yang berbeda dari budaya asal mereka.

Baca Juga:

Ini Bedanya Membuat Visa Jepang dan Korea Selatan

Acara 'Seni dalam Lintas Budaya Indonesia-Jepang'
Peserta diajak untuk terlibat dalam workshop. (Foto: Unsplash/Lan Pham)

Kemudian, pada sesi siang peserta akan disuguhkan pertunjukan seni dari JJC Balinese Gamelan Club dan U-maku Eisa Shinka Indonesia. Tak hanya menikmati penampilan mereka, peserta juga bisa mempelajari tentang kesenian melalui workshop oleh kedua kelompok kesenian tersebut.

Kegiatan diskusi, workshop dan pertunjukan seni ini memang diadakan agar peserta dapat memahami budaya Indonesia dan Jepang secara lebih mendalam dan membuka dialog lintas budaya Indonesia-Jepang. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang melalui kesenian.

Kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa dan umum dan tidak dipungut biaya. The Japan Foundation turut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan.

Jadi bagaimana sahabat Merah Putih, jangan lupa datang ya besok! (ikh)

Baca Juga:

Kenapa Orang Jepang Rata-Rata Langsing? Ternyata Ini Rahasianya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH