Belajar Batik Betawi di Kampung Batik Terogong

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 11 April 2016
Belajar Batik Betawi di Kampung Batik Terogong
Penggagas Kampung Batik Siti Laela menunjukkan salah satu jenis batik Betawi, di Jalan Terogong III, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

MerahPutih Budaya - Seperti halnya Pekalongan, Yogyakarta, Solo dan Cirebon, batik Betawi juga memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Salah satu tempat yang menjadi produsen batik Betawi adalah Kampung Batik di Jalan Terogong III, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Meskipun letaknya terhimpit oleh gedung-gedung tinggi, tak membuat eksistensi Kampung Batik semakin tenggelam. Siti Laela, penggagas Kampung Batik menjelaskan, Kampung Batik bukan hanya menjadi tempat produksi batik melainkan objek wisata bagi para wisatawan yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat batik Betawi.

"Kalau untuk turis alhamdulillah sudah beberapa kali datang ke sini. Dari Jepang sudah tiga kali, dari Brazil, bahkan mahasiswa dari Sydney datang ke sini," ucapnya dengan ramah, Senin (11/4).


(Kampung Batik Betawi. Foto MerahPutih/Muchammad Yani)

Laela mengatakan, Kampung Batik memproduksi dua jenis batik yaitu batik tulis dan batik cap. Perbedaan dua jenis batik ini hanya dalam proses pembuatan.

"Kalau tulis itu kan dari kain putih kita gambar dulu pake pensil kemudian dicanting. Kalau cap kan memang sudah ada gambarnya. Dua jenis itu bahannya sama pakai lilin juga," tutur wanita berhijab ini.

Dalam sehari, Laela bisa memproduksi batik cap sebanyak delapan hingga sepuluh buah dan untuk batik tulis membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar satu minggu.

Bagi yang ingin berkunjung ke Kampung Batik, Anda harus melalui Jalan Terogong Raya. Setelah melihat kantor Kelurahan Cilandak Barat, tinggal masuk ke Jalan Terogong III. Tak jauh dari Kelurahan Cilandak Barat, terdapat sebuah papan petunjuk lokasi Kampung Batik. Namun untuk pengendara mobil, dari sini Anda harus berjalan kaki melewati banyaknya anak kecil yang bermain. (Yni)


BACA JUGA:

  1. Trik Sanggar Setu Babakan Ajak Masyarakat Cinta Kesenian Betawi
  2. Filosofi Tradisi Palang Pintu Betawi
  3. Lenggang Tari Tradisional Betawi dari Setu Babakan
  4. Dodol Betawi Asli Semakin Buluk, Semakin Gurih
  5. Dodol, Makanan Berkelas Masyarakat Betawi Sejak Zaman Penjajahan
#Batik Betawi #Batik Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan