Bela Ketua, Ratusan Kader PAN Deliserdang Tolak Keputusan DPW Sumut Wakil ketua Umum PAN Hanafi Rais saat pendaftaran partai. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Kekisruhan dalam tubuh Partai Amanat Nasional di Sumatera Utara makin tak terkendali. Ratusan kader PAN Deliserdang menolak keputusan DPW Sumut yang menonaktifkan Ketua PAN Kabupaten Deliserdang Darbani Dalimunthe.

Penolakan tersebut disampaikan 22 pengurus tingkat kecamatan di Delerdang dalam unjuk rasa ke kantor DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut di Jalan Wahid Hasyim Medan, Senin (26/3).

Ketua DPC Kecamatan Labuhan Deli Awaluddin yang menjadi koordinator aksi mengatakan, tidak ada alasan yang bisa diterima akal sehat jika DPW PAN Sumut menetapkan pelaksana tugas (Plt) dalam kepemimpinan di PAN Deliserdang.

Pihaknya menilai konsolidasi internal berlangsung dengan baik, bahkan pembentukan pengurus hingga tingkat ranting (desa dan kelurahan) terus dilakukan hingga saat ini.

"Hubungan pengurus mulai dari tingkat kabupaten hingga ranting sangat harmonis dan bagus. Jadi alasan apalagi untuk men-Plt-kan Darbani," katanya.

Seharusnya, kata Awaluddin sebagaimana dilansir Antara, DPW PAN Sumut dapat membuat kebijakan dan keputusan yang adil sehingga tidak mengambil sikap dan putusan yang dapat membawa pada perpecahan bagi kader Deliserdang.

Pihaknya sangat menentang keputusan DPW PAN Sumut yang dinilai kontraproduktif dan tidak menghargai kinerja yang telah ditunjukkan selama ini.

"Bagaimana kami bisa terima, kami sudah bekerja dan berbuat untuk partai, tapi ada oknum yang mengobok-obok rumah besar kami," ujar Awaluddin.

Sementara itu, pengurus DPC PAN Kecamatan Batang Kuis Lili Junaidi mengatakan, jika memang ingin mengevaluasi kinerja DPD PAN Deliserdang, DPW PAN Sumut dapat mengundang pengurus tingkat kecamatan dan ranting.

Namun jika memang kepentingan politik oknum tertentu lebih dominan dalam putusan DPW PAN tersebut, pihaknya akan mengundurkan diri sebagai kader PAN.

"Kami yang tahu kinerja beliau (Darbani Dalimunthe). Tidak etis jika DPW (PAN Sumut) mengambil sikap hanya mendengar satu dua orang saja," katanya.

Unjuk rasa kader PAN Deliserdang tersebut sempat ricuh dengan adanya kader yang membanting kursi yang ada di kantor DPW PAN Sumut.

Namun tidak ada pengurus DPW PAN Sumut yang bersedia memberikan keterangan mengenai unjuk rasa kader dan pengurus PAN Deliserdang tersebut.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH