Bekraf Gelar Bimbingan Teknis Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

MerahPutih.Com - Tantangan utama para pelaku ekonomi kreatif di daerah-daerah yakni ketiadaan bimbingan dan pelatihan yang kontinue. Para pelaku ekonomi kreatif sering kebingungan memasarkan produk-produknya.

Bertolak dari kesulitan tersebut, Direktorat Pengembangan Pasar Luar Negeri (PPLN) Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Pelatihan dan bimbingan teknis berlangsung di Sparks Convention Hotel Lampung, Minggu (25/3).

Bimtek ini menghadirkan seorang praktisi pemasaran kenamaan asal Bandung Iyan Radiana.

Bekraf dalam penjelasan tertulis, menjelaskan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Direktorat PPLN Bekraf dan anggota Komisi X DPR RI dari Partai Gerindra, Dwita Ria.

Kegiatan bimtek ini awalnya dimaksudkan untuk meningkatkan ekspor produk kreatif Indonesia, termasuk meningkatkan ekspor produk kreatif lokal.

Fasilitasi partisipasi produk kreatif dalam event internasional mutlak diperlukan sebagai sarana promosi, sekaligus juga untuk memaksimalkan penetrasi pasar produk kreatif dalam pasar global.

Namun, fasilitasi keikutsertaan produk kreatif di luar negeri saja belum cukup, karena ada masa di mana pelaku kreatif harus melebarkan pangsa pasar mereka di luar negeri secara mandiri.

Berkaca pada kemungkinan tersebut, program bimbingan mengenai tata cara ekspor-impor maupun strategi pengembangan pasar akhirnya menjadi penting untuk diberikan kepada pelaku kreatif yang belum cakap maupun minim pengalaman menghadiri event di luar negeri.

Tujuannya agar sumber daya yang mereka keluarkan tidak terbuang sia-sia serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Karena itu, Direktorat PPLN Bekraf sebagaimana dilansir Antara berinisiatif untuk mengadakan kegiatan bimtek mengenai strategi pemasaran luar negeri sejak tahun 2016 lalu, selain juga untuk memenuhi tugas dan fungsi termaktub dalam pasal 102 Peraturan Kepala Badan Ekonomi Kreatif No. 1 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ekonomi Kreatif.

Penyelenggaraan bimtek di Kabupaten Lampung Tengah mengangkat tema mengenai Strategi Pemasaran Produk Kreatif ke Luar Negeri. Tema ini diharapkan agar para pelaku kreatif di Kabupaten Lampung Tengah mendapatkan pemahaman yang tepat terkait dengan strategi pemasaran produk mereka secara global.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH