Bekasi Bangun Jembatan Penghubung Dengan Karawang di Wilayah Selatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 21 Januari 2021
Bekasi Bangun Jembatan Penghubung Dengan Karawang di Wilayah Selatan
Peta Wilayah Selatan Bekasi. (Foto: Tangkapan Layar)

MerahPutih.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bakal membangun jembatan penghubung Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang di Kecamatan Bojongmangu atau selatan perbatasan daerah tersebut.

Jembatan Bojongmangu ini akan menjadi jembatan keempat penghubung Karawang-Bekasi. Tiga jembatan lain yang sudah ada yakni Jembatan Cabangbungin-Batujaya, Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok, dan Jembatan Bojong-Tanjungpura.

Baca Juga:

Asal-Usul Nama Bekasi dalam Prasasti Kerajaan Tarumanegara

"Tahun ini mudah-mudahan terealisasi sesuai target sebelumnya," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi di Cikarang, Rabu (20/1) dikutip Antara.

Anggaran pembangunan jembatan penghubung tersebut berasal dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2021 sebesar Rp30 miliar dengan bunga nol persen.

"Dibangunnya Jembatan Bojongmangu-Karawang dapat meningkatkan perekonomian warga di kedua daerah," ujarnya.

Dedy menjelaskan alokasi anggaran sebesar Rp60 miliar yang diterima Pemerintah Kabupaten Bekasi merupakan bagian dari pinjaman pemulihan ekonomi nasional Pemprov Jawa Barat tahun 2021 sebesar Rp2,2 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dari total pinjaman tersebut, Rp800 miliar di antaranya dipinjamkan ke kota dan kabupaten sebagai upaya menggerakkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

Titik lokasi pembangunan jembatan penghubung Kabupaten Bekasi-Kabupaten Karawang di Kecamatan Bojongmangu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Titik lokasi pembangunan jembatan penghubung Kabupaten Bekasi-Kabupaten Karawang di Kecamatan Bojongmangu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Camat Bojongmangu Agung Suganda meyakini, dibangunnya jembatan Bojongmangu-Karawang akan memberikan dampak positif terutama dalam membuka akses ekonomi masyarakat.

"Dibangunnya jembatan ini sangat bagus untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Mudah-mudahan jembatan ini menjadi kebanggaan masyarakat Bojongmangu," katanya.

Ia menyebu, sebagai jalur transportasi di wilayah selatan Kabupaten Bekasi, jembatan yang melintasi Sungai Cibeet ini akan mempermudah dan mempercepat mobilitas warga.

"Jadi orang mau ke Karawang atau ke Loji atau ke Jonggol tidak harus lewat Kaligandu," katanya. (*)

Baca Juga:

Kedutaan Besar Bekasi Tempat Nongkrong Asyik di Bekasi

#Bekasi #Karawang #Jawa Barat
Bagikan
Bagikan