Kontainer Bekas Diubah Menjadi Hotel Mewah Hotel menggunakan kontainer bekas. (Foto: Unsplash/Rinson Chory)

KONTAINER bekas masih bisa dimanfaatkan. Sebuah hotel ramah lingkungan di Paso Robles, California, AS dibangun menggunakan kontainer.

Terletak di kebun anggur seluas 58 hektar, hotel ini dibangun menggunakan metode bangunan konsep sustainable atau berkelanjutan.

Baca juga:

Keajaiban 'Bubble House' Transparan Menyatu dengan Ekosistem

Laman Euro News melaporkan 90 persen kargo global didistribusikan melalui laut. Ini artinya ada lebih dari 17 juta kontainer yang berkeliling dunia dalam satu waktu.

1
Kamar standar menggunakan 2 unit kontainer. (Foto: archdaily)

Kontainer mampu bertahan hingga 20 tahun jika dirawat dengan baik. Namun ke mana mereka akan pergi setelah tidak digunakan lagi? Dalam beberapa tahun terakhir, kontainer bekas menjadi alternatif populer untuk bahan bangunan lain seperti beton yang dapat merusak lingkungan.

Di seluruh dunia, kontainer telah diubah menjadi banyak jenis bangunan. Mulai dari perumahan hingga akomodasi untuk pelajar dan kantor.

Kontainer paling sering digunakan untuk bar pop-up dan toko seperti Boxpark di Shoreditch, Kota London, yang menyediakan ruang untuk pengecer mandiri.

Baca juga:

Bunker Nuklir Ini Menawarkan Fasilitas Menakjubkan

2
Menjadi alternatif untuk material bangunan. (Foto: Unsplash/Erwan Hesry)

Hotel Geneseo Inn diciptakan oleh firma arsitektur, Ecotech Design, dan pemilik kilang anggur Steve Cass dan Ted Plemons. Mereka berkolaborasi pula dengan CRATE Modular, yang ahli dalam mendaur ulang kontainer bekas menjadi gedung baru.

Masing-masing dari tujuh kamar standar hotel terbuat dari dua kontainer yang digabungkan di tengah dengan atrium tinggi. "Desainnya terinspirasi oleh kebun anggur itu sendiri," kata Walter Scott Perry, pendiri Ecotech Design.

Menurut Perry, Atribut paling menarik dari proyek ini adalah penggunaan komponen modular yang dikombinasikan dengan bahan daur ulang. "Struktur menjadi benar-benar terintegrasi dengan lingkungannya. Baik unit kontainer maupun kebun anggur itu sendiri telah didaur ulang," tambahnya.

Semua bahan lainnya bersumber secara lokal dan dapat didaurulang atau ramah lingkungan. Atap hijau dan panel surya juga akan ditambahkan di masa akan datang.

Di bagian dalam, langit-langit dan lantainya terbuat dari kayu dan bahan pertanian yang sebelumnya digunakan oleh pabrik anggur. (lgi)

Baca juga:

Futuristik, Hunian yang Menyatu Sempurna dengan Lanskap Padang Gurun

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH