Karier

Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 09 Februari 2022
Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor
Berikan kontribusi terbaik akan bisa meminta kenaikan gaji. (Foto: Pixabay/stevepb)

MENGINGINKAN gaji lebih tinggi karena sudah memenuhi goals perusahaan selama beberapa tahun adalah hal yang wajar. Semua orang berkarier dari nol demi mendapatkan jabatan serta penghasilan yang lebih baik. Tetapi kenaikan gaji di beberapa kantor bukan prioritas utama, sehingga terkadang itu tidak rutin dilakukan setiap tahun.

Meskipun selama ini kamu sudah menjadi karyawan terbaik, terkadang kamu perlu bicara empat mata dengan HRD dan atasan perihal kenaikan gaji. Menurut laman Forbes, meminta kenaikan gaji berarti kamu juga harus siap mengemban tanggung jawab yang jauh lebih besar. Tentunya gaji lebih tinggi akan dibayarkan sesuai dengan performa kerja dan jabatan yang kamu duduki.

Baca juga:

Jarang Disadari, Kesalahan Ini Sering Dilakukan Karyawan di Kantor

Jika perusahaan menghargai hasil kerjamu, negosiasi kenaikan gaji tidak sulit untuk dilakukan. Perusahaan belum mau menaikkan gajimu? Tenang! Kamu tetap bisa menegosiasikan tunjangan dan benefit yang bisa diberikan perusahaan ketika kamu berhasil mencapai goals tertentu.

1. Jangan mangkir dari kerjaan

Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor
Hindari melewatkan pekerjaan. (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Jika ingin kariermu cepat naik, sebaiknya sejak menjadi karyawan baru kamu tidak pernah mangkir dari pekerjaan. Ada kerjaan tambahan yang masih berkaitan dengan jobdesk milikmu? Ambil! Ada kolega yang mengajak dirimu untuk berkolaborasi mengerjakan sebuah project? Ambil!

Selama apa yang kamu kerjakan tidak menguras jam kerja dan akan memberikan benefit yang oke, kamu wajib berinisiatif untuk mengambil hati HRD dan atasan. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan ketika kelak meminta kenaikan gaji.

2. Berani mengambil tantangan

Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor
Harus berani mengambil tugas yang menantang. (Foto: Pixabay/Wokandapix)

Di beberapa kesempatan, perusahaan akan menerapkan goals per tahun. Tentunya goals ini dibuat demi kemajuan perusahaan. Tak jarang goals yang ditetapkan oleh perusahaan sangat menantang dan berisiko.

Jika kamu berhasil mencapai goals tersebut tanpa membuat kesalahan, dijamin deh HRD akan segera menaikkan gaji tanpa diminta. Atasan bahkan akan segera mempromosikan dirimu menduduki jabatan yang lebih tinggi.

Baca juga:

Begini Caranya Sukses Presentasi di Kantor

3. Ajak HRD bicara

Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor
Bicarakan langsung dengan HRD. (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Semua goals sudah tercapai dan kamu pun tidak pernah mangkir dari kerjaan. Ini saatnya untuk mengajak HRD bicara secara empat mata.Berikan rincian mengenai goals perusahaan yang telah dicapai dengan susah payah serta benefit yang pantas kamu dapatkan. Tenang saja! HRD tidak akan menutup mata terhadap karyawan terbaik di perusahaan kok.

4. Bahas masa depan

Begini Trik Jitu Minta Naik Gaji di Kantor
Berikan rincian rencanamu di masa depan. (Foto: Pixabay/Aymanejed)

Selain membicarakan benefit yang pantas kamu dapatkan bersama HRD, kamu juga perlu membahas apa saja kontribusi yang akan kamu berikan di masa depan jika perusahaan memberikan 'harga' yang oke.

Jangan malu membicarakan soal gaji, karena baik kamu dan perusahaan bak hubungan mutualisme yang saling membutuhkan. Jika kamu bisa memberikan profit yang baik bagi perusahaan, gaji yang diberikan pun harus seimbang. (Mar)

Baca juga:

Resolusi Liburan, Setop Kerja Saat Cuti

#Gaji #Pegawai Kontrak #Pekerja Kantoran #Karier #Sukses Berkarier
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan