Begini Tipe-Tipe Warganet +62 di Twitter saat Banjir Melanda Ibu Kota Banjir di Ibu Kota indonesia tak kunjung usai (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

BELAKANGAN Ibu kota Indonesia tampaknya masih ‘tenggelam’ karena permasalahan banjir yang belum bisa diatasi dengan baik. Siapa yang patut disalahkan? Masyarakat atau pemerintah? Hal ini tentunya masih menjadi misteri belaka dan tanggung jawab bersama, sebagaimana fenomena banjir tak kunjung usai baik di Jakarta maupun di kota lain.

Baca juga:

Jakarta Dikepung Banjir, Netizen Sindir Kinerja Anies Baswedan

Melihat fenomena ini di media sosial, kita telah mengelompokkan tiga tipe warganet dalam menyikapi banjir. Tipe pertama, warganet yang beramai-ramai melontarkan keluhannya melalui akun twitter seperti yang dilakukan oleh sutradara dari film dokumenter Sexy Killers sekaligus jurnalis, Dhandy Laksono.

Melalui akun twitter pribadinya, @dandhy_Laksono menuliskan, “Isu lingkungan dianggap urusan yang jauh dari kehidupan sehari-hari, meski banjir sudah seleher. Lalu apa esensi pembangunan investasi, lapangan kerja dan pendapatan, jika setelah memiliki semua lewat perjuangan bertahun-tahun, disapu bencana buatan manusia dalam hitungan hari?”

Hal serupa juga dituliskan salah satu warganet twitter, @isyana991, “katanya mau mengurangi banjir. Eh ini malah makin sering banjir. Hiks”

Tipe kedua, tak selamanya banjir direspon dengan keluhan ataupun protes. Melalui twitter warganet juga membagikan cuitan dengan mengunggah beberapa video hiburan, yang membuat orang lain tertawa melihat tingkah laku warga Indonesia dalam menyikapi fenomena banjir ini.

Baca juga:

Bantuan Makanan yang Paling Cocok Disumbangkan untuk Korban Banjir

Seperti akun @gracefilia yang mengunggah video tetangganya yang sedang membuat video TikTok ketika banjir sedang mengepung daerah tempat tinggalnya. Hingga saat ini pun video tik tok tersebut telah dilihat sebanyak 633 ribu orang.

Selain itu, akun twitter @budiiman_ juga mengunggah sebuah video dimana orang-orang ‘memanfaatkan’ banjir menjadi tempat untuk berenang atupun memancing yang sampai saat ini telah ditonton 1,1 juta orang.

Tipe ketiga adalah warganet yang membagikan tips agar banjir tidak masuk ke dalam rumah. Hal ini telah diunggah oleh salah satu pengguna twitter @sahabatsaber, yang mememperlihatkan bagaimana cara mengatasi banjir supaya tidak masuk ke dalam rumah. Video ini pun telah ditonton sebanyak 485 ribu orang.

Tips dari video tersebut pun diikuti oleh warganet lainnya, seperti @zunamarlia yang mengunggah foto dimana ia mengikuti tips dari video tersebut dengan menempelkan lilin plastisin di rongga pintu agar air banjir tak memasuki rumahnya.

Bagiamana sahabat MerahPutih? Kamu tipe warganet yang seperti apa saat banjir datang? (Bel)

Baca juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH