Begini Seruan Jenderal Gatot kepada Para Prajurit di Tahun Politik Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Surabaya, Jumat (8/12). (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo berpesan kepada prajuritnya agar tetap netral di tahun politik mulai tahun 2018. Hal itu disampaikan Jendral Gatot saat berada di Dermaga Komando Armada Kawasan Timur, Surabaya, Jumat (8/12).

Sebab, kata Jendral Gatot, poltik di TNI adalah politik untuk negara. Ia pun berharap kepada institusi Polri agar melaporkan jika melihat ada anggota TNI yang tidak netral.

"Jadi, Presiden sudah menyampaikan bahwa TNI dan Polri politiknya adalah politik untuk negara. Maka dari itu, kami titip pesan ke Kapolri, jika ada anggota Polri yang melihat TNI tidak netral, silakan melapor," kata Jenderal Gatot.

Jenderal Gatot mengatakan bahwa sebagai prajurit militer, perintah tegak lurus masih berlaku. Ketika Presiden sudah melakukan intruksi, maka seluruh prajurit dari tingkat paling bawah sampai ke atas harus mentaati. Jika ada yang melanggar, lanjutnya, maka sanksi hukum pasti tetap berlaku.

"Tidak TNI saja. Kapolri juga menitip pesan kepada kami, jika ada anggota TNI ada yang melihat angota Polri tidak netral, maka silakan melapor," lanjutnya.

Jendral Gatot meyakini pada tahun politik mendatang, semua akan berjalan damai. Sebab, selama ini kegaduhan poltik hanya terjadi di media sosial saja. Selebihnya di dunia nyata, semua berjalan damai.

"Makanya saya juga berharap agar media tidak memperkeruh. Tetap bikin teduh agar Indonesia menjadi negara yang patut dicontoh dalam demokrasi," tutupnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Panglima TNI: Mutasi 85 Pati Sesuai Prosedur

Kredit : budilentera


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH