Begini Sebaiknya Menyingkirkan Barang Elektronik Lawas

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 13 September 2023
Begini Sebaiknya Menyingkirkan Barang Elektronik Lawas
Menyingkirkan barang elektronik lama dengan cara bijak. (Unsplash/Jilbert Ebrahimi)

BARANG elektronik di setiap rumah tangga sudah semakin banyak. Hanya saja ketika ada yang baru barang elektronik lama menjadi sampah.

Terrkadang seseorang tidak mengerti bagaimana menyingkirkannya. Harga yang harus kita bayar untuk gawai harus lepas sebaiknya tidak berdampak negatif pada lingkungan.

Baca Juga:

Optimalisasi AI untuk Dukung Bisnis di Seluruh Dunia

barang
Memperbaiki ponsel lama bisa jadi opsi yang baik. (Unsplash/Clint Bustrillos)

Selama bertahun-tahun, limbah elektronik telah menjadi masalah yang sedikit banyak mempengaruhi kesehatan manusia. Menurut The Round Up, total produksi limbah elektronik diperkirakan akan mencapai 67 juta ton pada tahun 2030 di seluruh dunia.

Perhitungannya dengan posisi Asia dan Amerika berada di posisi paling atas sebagai kontributor limbah elektronik. Selain dari praktik penambangan yang tidak baik dalam pengumpulan bahan-bahannya, ada juga dampak dari penggunaan energi tak terbarukan untuk mengisi daya selama masa pakainya.

Sayangnya, bagi orang awam, hanya bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengurus banyaknya barang elektronik yang tidak terpakai. Jika kamu sedang mencari cara untuk menyingkirkan gadget lama kamu, berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menyingkirkan atau membuang dengan cara yang benar.

Baca Juga:

Apple Watch Ultra 2 Hadir dengan Layar Lebih Terang

barang
Suku cadang di dalam barang elektronik lawas dapat dijual terpisah-pisah. (Unsplash/Shoeib Abolhassani)


Perbaiki ponsel


Sebelum kamu berpikir untuk membuang gawai ini, memperbaikinya mungkin bisa menjadi opsi pertama karena bisa jadi akan ada perubahan setelah diperbaiki. Meskipun beberapa gawai pasti lebih mahal untuk diperbaiki daripada diganti, masih ada harapan untuk memperbaiki yang lain, terutama jika masih dalam masa garansi.


Tukar tambah


Jika kamu sudah waktunya untuk melakukan upgrade, lebih baik menukarkan ponsel kamu. Cara ini selalu menjadi acuan kebanyakan orang Indonesia. Dengan tukar tambah, kamu memberikan kesempatan pada orang lain untuk menggunakan ponsel yang lebih baik. Selain itu, kamu bisa mendapatkan diskon untuk gawai berikutnya, yang diharapkan dapat bertahan selama beberapa tahun.


Menjual suku cadang


Meskipun pasar dipenuhi dengan suku cadang aftermarket untuk hampir semua jenis gawai, sayangnya tidak selalu menjadi pilihan bagi semua orang. Bagaimanapun juga, suku cadang aftermarket menjadi pilihan, hanya saja tidak selalu bekerja sesuai standar atau mungkin memiliki masalah kompatibilitas. Tetapi, beberapa produsen tidak selalu menjual suku cadang asli ke pusat perbaikan independen, terutama untuk model gawai lama yang sudah dihapus oleh produsennya.

Dengan langkah langkah menjual suku cadang maka kamu tidak akan terlalu pusing untuk memikirkan akan diapakan ponsel bekasmu jika sudah tidak terpakai. Lagi pula, jika kamu mejual suku cadang ponsel lama, itu akan sedikit menambah pemasukan kamu untuk membeli ponsel baru. (aqb)

Baca Juga:

Startup Ambil Langkah Futuristik Hadapi Revolusi Kendaraan Listrik

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan