Begini Ratu Elizabeth II Merayakan Tahun Baru

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 31 Desember 2020
Begini Ratu Elizabeth II Merayakan Tahun Baru
Cara Ratu Inggris merayakan perayaan Tahun Baru. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

KEGIATAN apa yang biasanya kamu lakukan saat malam pergantian tahun tiba? Barangkali berkumpul bersama orang tercinta dan menikmati perjamuan makan. Atau menyalakan petasan dan bermain kembang api. Mungkin saja kamu juga tengah merenung memikirkan resolusi apa yang kamu inginkan untuk tahun mendatang.

Itu yang biasanya dilakukan oleh orang-orang normal. Namun bagaimana dengan seorang ratu Inggris? Apakah kamu pernah penasaran kira-kira bagaimana ya Ratu Elizabeth II merayakan malam tahun barunya?

Baca juga:

Mau tahu Koktail Favorit Ratu Elizabeth II?

Pandemi COVID-19 turut mengubah beberapa hal di kerajaan Inggris. Untuk pertama kalinya dalam 33 tahun, sang ratu 'melanggar' tradisi kerajaan dengan tidak merayakan Natal di Sandringham Estate. Demi menjaga keamanan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip akhirnya terpaksa melewati Natal berdua saja di Windsor.

Begitu pula dengan perayaan Tahun Baru. Mengingat prosedur keamaan yang berlaku, kedua pasangan kerajaan itu kemungkinan besar menghabiskan waktunya di istana saja. Namun jika tidak ada pandemi, apa yang biasanya dilakukan Ratu pada Malam Tahun Baru?

Begini Ratu Elizabeth II Merayakan Tahun Baru
Tahun ini, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip hanya menghabiskan perayaan Tahun Baru berdua di Windsor. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

Mengutip situs resminya, keluarga kerajaan biasanya merayakan Natal dan Tahun Baru di Sandringham House, Norfolk. Sang Ratu akan mengundang semua anggota keluarga untuk pesta bersama.

Kabarnya pemimpin Monarki terlama dalam sejarah Inggris itu akan menetap sampai tanggal 6 Februari. Hari tersebut merupakan peringatan kematian mendiang Raja terdahulu, Raja George VI.

Mantan sekretaris pers Ratu, Charles Anson mengatakan pada The Independent UK bahwa keluarga kerajaan sebenarnya lebih fokus pada hari Natal dibandingkan Tahun Baru. Meskipun begitu, ada sejumlah tradisi khusus yang dilakukan Ratu Elizabeth II untuk memperingati pergantian tahun.

Baca juga:

Ratu Elizabeth II Rilis Produk Gin Hasil dari Tanaman Kebunnya

Tahun-tahun sebelumnya, Ratu akan mengadakan perayaan kecil yang berlangsung sampai tengah malam. Tujuannya untuk memastikan agar Ratu Elizabeth II menyambut Tahun Baru dengan layak.

Bahkan menurut mantan sekretaris pribadi Ratu, Sir William Heseltine, tidak ada yang merasa pantas untuk tertidur lebih dulu sebelum sang Ratu.

Begini Ratu Elizabeth II Merayakan Tahun Baru
Ratu dikabarkan menghabiskan hari Tahun Barunya dengan berkuda. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

Selain perkara terjaga sampai tengah malam, Ratu juga dikabarkan menikmati permainan lucky dip. Seorang pelayan akan membawa bak berisi serbuk gergaji dan catatan tersembunyi yang berisi prediksi tertulis untuk tahun mendatang. Kemudian Ratu akan mengambilnya dan mendapatkan catatan keberuntungan untuk tahun yang baru.

Pada 1 Januari, Ratu akan bangun pagi untuk mengikuti misa di Gereja St Mary Magdalene. Kemudian di sisa harinya, Ratu biasa berkuda bersama keluarga. Ada pula penembakan burung pegar, namun tidak diketahui dengan pasti apakah Ratu ikut ambil bagian dalam acara ini atau tidak.

Sayangnya tahun ini semuanya hanya menjadi kenangan semata. Ratu dan Pangeran Philip dipastikan menikmati Tahun Baru yang lebih sepi karena kediaman mereka di istana Windsor berada di bawah batasan tingkat empat.

Artinya, setiap rumah tangga tidak diizinkan untuk bergabung. Semoga saja sang Ratu dan suaminya tetap bisa menikmati detik-detik pergantian tahun menuju 2021 dengan bahagia meski hanya berdua. (Sam)

Baca juga:

Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar

#Ratu Elizabeth #Kerajaan Inggris #Libur Natal Dan Tahun Baru #Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan