Begini Rancangan Pertama Louis Vuitton Untuk Para Bangsawan Koleksi Louis Vuitton disuka kaum bangsan sejak dahulu. (Foto: Telegraph)

SIAPA tak kenal Louis Vuitton? Louis Vuitton merupakan seorang perancang terkenal asal Perancis. Karyanya yang unik dan detil membuat produknya banyak diminati oleh para bangsawan sejak 1858.

Merek Louis Vuitton bahkan menjadi merek paling mahal dan tak ada satu pun merek yang mampu menandingi mahalnya merek Louis Vuitton.

Bunga berwarna cokelat yang terukir di atas kulit menjadi signature untuk produk-produknya. Sebelum produk-produknya dikenal dunia dan menjadi merek termahal, Berikut produk pertama yang dirancang oleh Louis Vuitton:

Grey Trianon

louis vuitton
Kper berbentuk peti kemas diperkenalkan pertama kali di tahun 1858. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)


Grey Trianon merupakan produk pertama yang diperkenalkan oleh Louis Vuitton pada 1858. Koper berbentuk peti kemas tersebut memiliki permukaan yang rata untuk memudahkan tas ditumpuk dan diangkut. Koper ini diperuntukkan bagi bangsawan Perancis di masanya. Warna abu-abu melambangkan bangsawan dan kemewahan.

Silent Twill

louis vuitton
Kpper dengan banyak sekat di dalamnya. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Selain Trianon, koper klasik yang diluncurkan oleh Vuitton di awal karirnya adalah Silent Twill. Bagian dalam koper tersebut dirancang secara detil dengan menambahkan sekat-sekat untuk memudahkan penyimpanan barang. Silent Twill dilengkapi oleh simpul tali segitiga supaya barang tidak berantakan.

Trunk

louis vuitton
Koper dengan bahan tembaga yang kuat. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Pada 1920an orang Eropa gemar pergi ke Afrika atau Asia. Perjalanan jauh membuat mereka takut barang mereka rusak. Untuk itu, tahun 1923 Vuitton merancang sebuah koper dengan bahan tembaga untuk melindungi barang-barang dari kerusakan. Di bagian dalam koper terdapat kompartemen-kompartemen yang memudahkan penyimpanan barang. Pada bagian luar dilapisi kamper wood supaya koper menjadi anti rayap dan tahan saat dibawa bepergian.

Bed Trunk Explorer

louis vuitton
Kasur portable. (Foto: Telegraph)

Selain tas, Louis Vuitton juga pernah merancang sebuah bed trunk atau kasur yang mudah dibawa kemana-mana untuk pelancong. Pada 1905, seorang pelancong asal Italia bernama Pierre Savorgnan de Brazza hendak melancong ke Kongo, Afrika. Ia butuh tempat untuk beristirahat. Dirinya pun meminta Vuitton untuk merancong sebuah kasur koper untuk dirinya. Hanya dalam waktu 3 menit kasur tersebut dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo