Begini Proses Penaikan Bendera Saat Upacara Diiringi Indonesia Raya 3 Stanza Video klip Indonesia Raya 3 Stanza akan segera hadir di Youtube dan sosial media. (MP/Ikhsan Digdo)

SETIAP sekolah di Indonesia mewajibkan para muridnya untuk mengikuti upacara bendera setiap hari Senin. Saat proses menaikkan bendera ke puncak tiang, diiringi dengan lagu Indonesia Raya 1 stanza. Jarang yang tahu sebenarnya lagu ciptaan WR Supratman ini memiliki 3 stanza saat diciptakan puluhan tahun lalu.

Kabarnya, pemerintah akan mewajibkan setiap sekolah untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dalam upacara bendera setiap Senin. Hal ini dibenarkan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid saat di temui di Senayan City Senin (30/10).

"Sekarang sedang ada surat edaran yang dipersiapkan menteri untuk mewajibkan kalau upacara menyanyikan 3 stanza," tegasnya.

Namun dengan menyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza tentu akan memakan waktu lebih lama. Durasi lagu dengan 3 stanza sekitar empat menit lebih. Tentunya proses penaikan bendera harus dilakukan perlahan jika ingin sama dengan durasi 3 stanza.

Terkait hal itu Hilmar mengatakan bahwa akan ada sedikit perbedaan jika menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza saat upacara bendera. Proses penaikan bendera dilakukan tanpa adanya nyanyian. Setelah bendera sudah terpasang di puncak tiang, barulah lagu Indonesia Raya 3 stanza akan dilantunkan.

"Ketika naik bendera hanya dibunyikan instrumen. Setalah itu nyanyikan bersama," kata Hilmar menambahkan.

Lanjut Hilmar, kewajiban menyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu sudah bisa," tutupnya. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Pernikahan Kahiyang, Keluarga Jokowi Mulai Kirim Undangan Hari ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH