Begini Pertolongan Pertama saat Ponsel Kemasukan Air Air dapat merusak komponen ponsel. (Foto: Whistle Out)

BELAKANGAN ini, beberapa perusahaan ponsel pintar sudah memiliki sertifikasi terkait ketahanan perangkatnya terhadap air. Meski begitu, tetap saja kita perlu waspada dan mengambil tindakan ketika ponsel kita rusak karena kemasukan air. Biasanya, ponsel yang anti air dibeli oleh orang-orang yang menyukai traveling khusus ke daerah perairan.

Air memang menjadi ‘musuh’ bagi para pengguna ponsel. Bayangkan, bagaimana jadinya ketika ponsel tersebut tercebur ke dalam air? Selain panik, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki ponsel yang rusak akibat kemasukan air tidaklah murah, bahkan setara dengan harga ponsel baru. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara ampuh mengatasi ponsel yang kemasukan air.

Baca juga:

Samsung Galaxy Note10+ Edisi Spesial Star Wars

1. Segara matikan ponsel

Begini Pertolongan Pertama saat Ponsel Kemasukan Air
Segera matikan daya ponsel. (Foto: Macworld)

Kamu tidak perlu panik. Hal pertama yang harus dilakukan ketika mendapati ponselmu kemasukan air adalah mematikannya. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya air yang masuk ke celah-celah yang sangat berbahaya bagi komponen ponsel.

Setelah mematikan ponsel, ada beberapa komponen yang juga harus dilepas, seperti baterai, kartu sim, SD Card, dan beberapa komponen lainnya.

Melepaskan komponen bertujuan untuk mencegah terjadinya konslet atau bahkan terbakar. Jika sudah, keringkan dengan menggunakan tisu atau lap kering pada bagian luarnya.

2. Buka casing

Begini Pertolongan Pertama saat Ponsel Kemasukan Air
Lepas segera baterai ponsel. Foto: YouTube/DO IT YOURSELF ITS EASY

Jika sudah menonaktifkan ponsel dan melepas komponen-komponennya, kamu harus membuka casing pada ponsel. Tujuannya adalah untuk memberi sirkulasi udara pada ponsel.

Jangan mencoba untuk membuka sekrup di bodi ponsel atau kamu akan merusak Liquid Damage Indicator (LDI) yang akan merusak garansi ponsel. Kamu juga bisa menggoyangkan ponsel secara perlahan agar air di dalamnya keluar. Jangan terlalu kencang karena air di dalamnya bisa menyebar ke bagian-bagian lain.

Baca juga:

WhatsApp Punya Fitur Keamanan untuk Penggunanya

3. Gunakan kain atau vacuum cleaner untuk menyerap air

Begini Pertolongan Pertama saat Ponsel Kemasukan Air
Kamu juga bisa menggunakan kain kering. (Foto: PopSmartphone)

Selain menggoyangkan ponsel, kamu juga bisa menggunakan kain kering pada bagian yang basah. Kamu hanya perlu menempelkan atau mengusap kain tersebut dan tidak perlu digosok karena hanya akan menyebarkan air ke komponen lainnya.

Cara terbaik untuk mengeluarkan air di dalam ponsel adalah menggunakan vacuum cleaner. Jangan meniup atau menggunakan pengering rambut. Pengering rambut akan menghantarkan udara panas yang bisa merusak komponen ponsel.

4. Keringkan ponsel dengan beras atau silica gel

Begini Pertolongan Pertama saat Ponsel Kemasukan Air
Masukkan ponsel ke dalam ziplock yang sudah berisi silica gel. (Foto: Dashlane Blog)

Cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan dan cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beras atau silica gel dan ziplock. Masukkan beras kering atau silica gel ke dalam ziplock kemudian rendam ponselmu ke dalamnya. Kemudian, jangan lupa tutup ziplock dan kemudian tunggu selama dua hari.

Setelah dua hari, keluarkan ponsel dari ziplock. Jika ponsel masih mengeluarkan uap air, taruh kembali ke ziplock. Jika sudah benar-benar kering, coba masukkan baterai ponsel dan aktifkan. Bila ponselmu menyala, kamu harus melakukan pengisian daya. Apabila ponsel tidak menyala, segera periksa ke tukang servis untuk ditangani. (And)

Baca juga:

Motorola Razr Jadul Disulap Jadi Smartphone Canggih dengan Layar Lipat


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH