Begini Persiapan Jokowi-KH Ma'ruf Amin Sebelum Jalani Tes Kesehatan Bacapres Jokowi bersama bacawapres KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Subroto Jakarta (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Bakal calon presiden dan wakil presiden Jokowi- Ma'ruf Amin menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (12/8).

Kepada awak media, Jokowi mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum melakukan check up di rumah sakit angkatan darat itu.

"Cuma puasa, dan memang masih sedang puasa," kata Jokowi saat tiba di lokasi.

Di lokasi yang sama, cawapresnya KH Ma'ruf Amin mengatakan, ikut menjalani tes kesehatan sesuai aturan yang diberlakukan oleh penyelanggara pemilu.

Dia mengaku, sebelum mengikuti check up hanya menaati apa yang sudah disarankan sebelumnya.

"Ikut aturannya saja. Insya Allah sehat," ucap Kiai Ma'ruf singkat.

Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di KPU Pusat
Joko Widodo, mengenakan kemeja berslogan Bersih, Merakyat, Kerja Nyata saat akan mendaftarkan pencapresannya ke KPU (ANTARA)

Sesuai SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019, diwajibkan mengikuti tes kesehatan di RS yang telah ditentukan KPU.

Standar pemeriksaan dan kesehatan Paslon nantinya akan diputuskan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang selanjutnya akan memberikan rekomendasi kepada KPU RI.

Ada pun aspek pemeriksaan kesehatan meliputi organ luar, organ dalam, tes kejiwaan, dan tes bebas narkotika.

Bakal calon presiden periode 2019-2024 Joko Widodo mengenakan kemeja putih bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" dengan motif grafiti warna-warni di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Kemeja yang dikenakan Jokowi terlihat mencolok mengingat tulisan sebelumnya serupa namun dengan warna hitam putih saat ia mendatangi Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8).

Presiden Jokowi yang berkemeja dengan nuansa putih dan mengenakan celana jins datang bersama Ma'ruf Amin, bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pemilihan Presiden 2019.

Senada dengan Jokowi, Ma'ruf Amin juga mengenakan jas dan sarung bernuansa putih, sambil mengenakan syal dan kopiah.

Selain Jokowi-Ma'ruf, putera bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep nampak hadir menemani dengan mengenakan kaos putih dan celana jins.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Tim SAR Gabungan Pusatkan Pencarian Pesawat Dimonim di Gunung Menuk

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH