Begini Pencegahan Penularan Virus Corona di Kepolisian Petugas Dokkes Polda Kalsel mengecek suhu tubuh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Selasa (17/3/2020). ANTARA/Firman

MerahPutih.com - Anggota Polri tetap bekerja seperti biasa dan tak ada kebijakan secara khusus di tengah wabah virus corona. Meskipun masa darurat bencana kini diperpanjang hingga akhir Mei.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, Kapolri Jenderal Idham Azis sebelumnya telah mengeluarkan surat telegram terkait pencegahan penyebaran virus corona. Arahan tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/868/III/KEP./2020 tertanggal 13 Maret 2020.

Baca Juga:

Catat, Indonesia Perpanjang Status Darurat Virus Corona Sampai Lewat Lebaran!

Salah satu arahan Kapolri adalah meminta jajarannya menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan melakukan pengecekan di pintu masuk kantor kepolisian.

“Di kantor sendiri, masuk kantor, di Bareskrim kita dicek suhunya oleh Dokkes (tim Kedokteran dan Kesehatan) Mabes Polri, kemudian disampaikan berapa suhunya,” tutur Argo kepada wartawan, Selasa (17/3)

Kemudian, Kapolri juga mewajibkan anggotanya menyediakan cairan antiseptik di setiap ruangan dan mencuci tangan secara rutin.

Untuk menjaga kebugaran para anggota, kata Argo, mereka melakukan stretching atau perenggangan usai melaksanakan apel pagi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono. ANTARA/HO-Humas Mabes Polri/aa.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono. ANTARA/HO-Humas Mabes Polri/aa.

Kebersihan kantor turut menjadi perhatian berikutnya. Selain rutin membersihkan kantor kepolisian, penyemprotan dengan disinfektan juga akan dilakukan.

“Kita juga sedang, kalau nanti sudah ada, kita melakukan penyemprotan disinfektan. Nanti di kantor, asrama, akan kita lakukan,” tuturnya.

Pelayanan SIM dan STNK Normal

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan pelayanan SIM dan STNK di kantor kepolisian tetap berjalan normal meskipun di tengah pandemi virus corona Hb (COVID-19).

“(Untuk pelayanan) SIM dan STNK masih bisa (secara) online dan datang ke kantor kepolisian. Masing-masing samsat dan satpas SIM sudah menerapkan SOP (standar operasional prosedur) untuk mencegah (penularan virus) corona,” kata Irjen Istiono

Baca Juga:

Ahli Epidemiologi Beberkan Salah Satu Cara Memutus Mata Rantai Virus Corona

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang hendak mengurus SIM, di pintu masuk, mereka akan dicek suhu tubuh oleh polwan yang bertugas. Juga disediakan tisu dan cairan hand sanitizer.

Hand sanitizer juga disediakan di ruang tunggu pelayanan dan di loket pendaftaran SIM.

Agar kebersihan selalu terjaga, petugas juga membersihkan gagang pintu masuk kantor kepolisian, secara berkala.

Mobil SIM Keliling pun tetap beroperasi untuk melayani masyarakat.

“Masih (beroperasi seperti biasa),” kata Isitiono. (Knu)

Baca Juga:

Virus Corona Bikin Steam Dapatkan Rekor Pemain Terbanyak


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH