Begini Nih Tips Belajar Mobil Bagi Pemula (cover) 5 tips belajar mobil bagi pemula (Foto: Pexels/Jeshoots)

BANYAK pemula yang ragu saat pertama kali belajar mobil. Mereka merasa menyetir mobil amat sulit. Mereka juga takut terkena berbagai macam risiko, padahal belum tentu hal tersebut bisa terjadi.

Baca juga:

Melancong ke Luar Negeri? Situs Rental Mobil Ini akan Memudahkan Kamu Menyewa Mobil di Negara Orang Lain

Jangan jadikan rasa takut ataupun grogi sebagai halangan kamu untuk belajar menyetir mobil. Berikut lima tips yang bisa kamu ikuti agar bisa menyetir mobil dengan baik, antara lain:

1. Pahami fungsi fitur-fitur mobil

Pahami fungsi alat-alat mobil agar lebih mudah saat belajar nyetir (Foto: Pexels/hassan ouajbir)

Sebelum menyetir mobil hal pertama yang perlu kamu pahami adalah semua fitur yang ada di dalam mobil. Kamu bisa mulai dari pedal yang terletak di bawah dan memperhatikan setiap posisi serta fungsi dari pedal tersebut. Pedal paling kanan untuk gas, pedal bagian tengah berfungsi untuk rem.

Jika kamu belajar menggunakan mobil manual, pedal yang paling kiri untuk kopling. Tak hanya memahami posisi dari tiap pedal, kamu juga harus pahami fungsi rem tangan digunakan saat mobil diparkir atau berhenti dan tuas transmisi yang berguna untuk mengatur kecepatan mobil.

2. Atur posisi yang nyaman

Atur posisi yang nyaman sehingga tidak mengganggu saat proses belajar menyetir mobil (Foto: Pexels/peter fazekas)

Pastikan bahwa kamu telah mengatur posisi tempat duduk yang nyaman. Perhatikan apakah tempat duduk kamu terlalu rendah atau ketinggian, sehingga tidak mengganggu penglihatan ketika sedang menyetir. Lalu, kamu bisa menyesuaikan posisi tempat duduk agar bisa menjangkau pedal.

3. Fokus

Hindari penggunaan ponsel agar lebih fokus saat belajar nyetir mobil (pexels/Acharaporn K )

Tips ketiga bagi kamu pemula menyetir mobil adalah tetap fokus. Pastikan diri kamu tenang sehingga bisa fokus melihat jalan dan terhindar dari kecelakaan. Hindari penggunaan ponsel ketika sedang menyetir karena menggunakan ponsel akan mengganggu konsentrasi kamu dalam menyetir mobil.

Baca juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir

4. Belajar tidak hanya satu kali atau dua kali

Lebih sering belajar nyetir mobil akan membuat kamu lebih cepat menguasainya (Foto: Pexels/visiaonpic)

Jika kamu ingin andal menyetir mobil, belajar lah sesering mungkin sehingga memiliki jam terbang yang tinggi. Jika sudah terbiasa akan membuat kamu lebih menguasai menyetir mobil dan rasa grogi juga akan hilang dengan sendirinya. Jangan harap cukup belajar satu sampai dua kali, kamu sudah bisa wara-wiri di jalanan menggunakan mobil.

5. Belajar dengan yang profesional

(foto5) Belajar mobil dengan yang profesional agar cepat menguasainya (Foto: Pexels/mentatdgt)

Belajarlah dari orang yang andal dan profesional. Mereka pastinya sudah mengerti dan memahami bagaimana menangani kamu yang masih pemula. Atau, kamu juga bisa mengikuti kursus menyetir mobil. Selain menyediakan pengajar yang profesional, mobil yang disediakan pun biasanya akan lebih aman untuk digunakan belajar.

Semoga lima tips di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu untuk bisa belajar menyetir mobil dengan mudah. Selamat mencoba! (bel)

Baca juga:

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Pribadi dan Taksi Online


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH